Jelang MotoGP Brno, Zarco: “Saya Sudah Analisa Semuanya”

ktm indonesia

Akhir pekan ini paruh kedua MotoGP 2018 akan dimulai di Sirkuit Brno, Rep. Ceko. Salah satu pembalap yang sudah siap menyambut seri kesepuluh itu adalah Johann Zarco. Pembalap Yamaha Tech 3 itu mengaku sudah menganalisa semua penyebab kenapa penampilannya merosot.

Zarco tidak pernah lagi meraih dua digit poin sejak Jerez, Mei lalu. Padahal di 4 seri sebelumnya Ia mampu dua kali runner up, di Argentina dan Jerez. Namun, sejak terjatuh di Le Mans, yang notabene balapan kandang, performa Zarco menukik drastis. Finish terbaiknya hanya di posisi 7 di Catalunya dengan meraih 9 poin. Tidak pernah lagi meraih lebih dari 9 poin sejak Le Mans.

Podium Argentina 2018

Namun, meskipun tengah merosot pembalap yang musim depan akan pindah ke KTM itu masih mampu mengoleksi poin yang sama dengan pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, dengan 88 poin. Zarco juga masih menjadi pembalap satelit terbaik sejauh ini.

“Sirkuit Brno adalah trek yang sangat bagus, yang sangat saya sukai,” kata Zarco. “Saya harap saya akan memiliki perasaan yang sangat baik lagi,” seperti dikutip dari crash.net (30/7/2018).

Kemudian, Zarco mencoba menganalisa performanya sepanjang liburan musim panas kemarin. Hasilnya, Ia mengatakan hanya perlu mem-push kembali dirinya agar bisa mencapai target masuk top 5 di Brno.

“Setelah liburan musim panas, saya merasa cukup baik. Saya bisa menganalisis semuanya dan saya tahu bahwa saya hanya perlu mendorong lebih kemampuan saya”.

Sementara itu, sang big boss, Herve Poncharal, mengakui pembalapnya itu memang tengah dalam kondisi tidak bagus di akhir paruh musim.

“[Pada akhir paruh pertama musim] Johann tidak dalam suasana hati yang positif seperti pada balapan pertama tahun ini, jadi semoga kami menemukan kembali Johann yang kami miliki di Qatar, Argentina, Texas, Spanyol dan Prancis. Saya berbicara kepadanya dan dia tampaknya benar-benar positif, penuh antusiasme dan dengan keinginan untuk kembali,” ujar Poncharal.

Jadi, kita tunggu saja apa yang bisa dilakukan Zarco di Brno. Jika diperhatikan menurunnya Zarco di paruh musim karena dua faktor. Pertama, ekspektasi tinggi di balapan kandang yang berakhir kecewa. Zarco ingin tampil maksimal di hadapan pendukungnya namun sayang harus terjatuh. Dan, nampaknya itu mempengaruhi kepercayaan dirinya.

Kedua, boleh jadi karena faktor teknis. Sejak dipastikan hengkang ke KTM, perkembangan M1 yang dikendarainya tidak lagi ada alias mentok. Masuk akal jika Yamaha memblok semua update untuk M1-nya Tech 3 sebagai bagian dari strategi merahasiakan perkembangan M1 dari KTM, calon tim Zarco musim depan. cmiiw

Advertisements

2 Comments

  1. Negative.
    Emang rider dgn motor2 kenceng jg lg membaik.
    Vina abwa M1 terkini cmn jblok 5 -7 lap awal. Sisanya dia babat
    Rossi itu rider gaek. Jam trbang jgn ditanya.
    Lorenzo Dovi motor mreka bs dibilang paket terbaik on grid
    HRC marquez sehati.
    Dgn demikian meraih posisi 6 atw 7 setelah berjibaku dgn cal dan/ atau petrucci atw miller atw rins atw ian.
    Itu sdh bagus.

1 Trackback / Pingback

  1. Zarco Tercepat FP1 Brno 2018, Test Rider Honda Ini Impresif! | rideralam.com

Comments are closed.