Marquez 100 vs Rossi 6000, Berburu Milestone!

Akhir pekan ini aksi pembalap MotoGP akan kembali bisa kita saksikan. Yes, paruh kedua musim sudah akan dimulai setelah mereka mendapatkan waktu rehat sekaligus me-recharge energi selama dua minggu. Selain penasaran dengan performa setiap pembalap usai libur panjang, ada dua fokus utama di MotoGP Brno, Rep. Ceko nanti yakni milestone Marc Marquez dan Valentino Rossi.

Marquez Menuju 100

Melakoni debut di kelas primer tahun 2013 silam, Marquez kini telah melakoni 99 kali start. Torehannya spesial, 40 kemenanngan, 70 podium, 48 pole position dan 1.699 poin. Hanya ada dua nama yang berada di depan Marquez soal data statistik di atas yakni Gicomo Agostini dan Valentino Rossi. Nama terakhir masih aktif bahkan menjadi rival terdekat Marquez saat ini.

Aksi Marquez di Jerez

Jika melakoni start di Brno nanti, Marquez akan mencapai angka 100 di MotoGP. Brno bukanlah sirkuit yang asing dengan kemenangan Marquez. Di sini Marquez sudah 3 kali mencatatkan podium tertinggi, sekali di Moto2 (2012) dan dua kali di MotoGP (2013, 2017). Ditambah performa moncernya sepanjang paruh pusim kemarin, termasuk dua kemenangan di dua seri terakhir di Assen dan Sachsenring, tidak heran jika Brno kembali akan dikuasainya. Marquez datang ke Brno dengan kepercayaan diri yang tinggi.

Musim debut Marquez 2013

“Kami menjalani tes (privat) baik di Brno dan dengan kemenangan dalam dua balapan yang sangat berbeda, satu pertarungan habis-habisan (Assen) dan satu lebih taktis (Sachsenring). Jadi, kami tiba di Brno dengan percaya diri,” ucap Marquez seperti dikutip dari motorsport.com (30/7/2018).

Rossi Bersiap 6000

Brno juga akan menjadi tonggak sejarah dalam karir Valentino Rossi dan MotoGP pada umumnya. The Doctor akan menorehkan rekor baru sebagai pembalap pertama mengoleksi 6.000 poin di Brno bisa finish minimal posisi 10. Yes, tambahan 6 poin akan membuat Rossi mengoleksi 6.000 poin sepanjang karirnya di MotoGP.

Podium kedua di Sachsenring membawanya mengoleksi 5.994 poin

Dengan runner up di Sachsenring, koleksi poin Rossi kini sudah mencapai 5.994. Angka ini jauh meninggalkan pesaing terdekatnya yakni Dani Pedrosa (4.094 poin) dan Jorge Lorenzo (3.869 poin).

Kemenangan Pertama Rossi di Brno 1996

 

Brno merupakan trek istimewa bagi pembalap 39 tahun itu. Inilah sirkuit yang menjadi saksi kemenangan pertama Rossi dalam balap grand prix pada 1996 silam saat bertarung di kelas 125cc. Dari data motogp.com (1/8/2018), Rossi tercatat telah 23 kali start di Brno, 18 diantaranya di kelas primer dengan torehan 5 kemenangan, 11 podium dan selalu finish top 10 sejak gagal di 2002.

Selanjutnya, jika kedua pembalap yang kini menjadi ikon persaingan di MotoGP itu sama-sama mencatatkan milestone dalam karirnya di Brno, siapa yang akan mengambil keuntungan dari itu? Hem… maksudnya, apakah Marquez akan memperlebar jarak 46 poin dengan si #46 atau justru Rossi yang bisa memangkas nya? Kita tunggu saja MotoGP Brno, Rep Ceko, Jumat-Minggu (3-5 Agustus 2018).

Automodrom Brno
Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.