Mengapa Marquez Akan Kalahkan Rossi di Brno, Ini Ulasan Singkatnya!

Jelang seri perdana paruh musim kedua di Sirkuit Brno, Rep. Ceko, akhir pekan ini publik seolah menunggu siapa yang akan menjadi pembalap paling sumringah saat bendera finish dikibarkan, Marc Marquez sang leader championship atau Valentino Rossi sang runner up?

Tanpa mengesampingkan pembalap-pembalap lain macam Jorge Lorenzo, Maverick Vinales, Andrea Dovizioso atau bahkan Danilo Petrucci, Johann Zarco dan Cal Crutchlow, magnet dua nama itu memang lebih ‘menjual’. Apalagi keduanya tegah dalam performa impresif usai memastikan podium 1 dan 2 di Sachsenring dua pekan silam.

Di Brno ini, siapa yang paling berpeluang sebagai pemenang? Tentu, jika pertanyaan ini diajukan ke fans boy kedua pembalap, jawabannya bisa ditebak. Tapi, bagaimana jika data atau rekor keduanya di Brno disajikan? Jawabannya sebagai berikut.

Marc Marquez

Sejak melakoni debut di kelas primer tahun 2013 silam, Marquez langsung menjelma menjadi juara MotoGP. Setiap tahun pembalap Repsol Honda itu selalu menjadi pembalap unggulan, termasuk di Automotodrom Brno.

Lima kali start, Marquez 3 kali meraih pole position, termasuk dua diantaranya di dua tahun terakhir. Marquez telah 2 kali menang di Brno dengan total 4 kali naik podium. Torehan ini menjadikan Marquez pembalap paling sukses di Brno dalam lima tahun terakhir.

Valentino Rossi

Dari laman resmi kejuaraan, motogp.com (3/8/2018) Rossi tercatat telah 5 kali menang di Brno, termasuk sekali kala masih bernama kelas 500 cc. Namun, catatan spektakuler itu diraihnya sebelum tahun 2013 atau sebelum Marquez masuk jajaran elit MotoGP.

Kemenangan terakhir Rossi di Brno terjadi 10 tahun silam atau tahun 2009. Praktis sejak saat itu, Rossi tidak pernah lagi bisa menang di sana.

Bahkan, sejak 2013 catatan Rossi di Brno relatif kacau. Lima kali start, prestasi maksimal Rossi ‘hanya’ sekali runner up di tahun 2016 dan dua kali podium tiga di tahun 2014 dan 2015. Bahkan, ketika Rossi runner up pembalap yang mengalahkannya adalah Marquez!

Jika melihat data di atas, Marquez lebih berpeluang besar untuk mengungguli Rossi di Brno nanti. Tapi, di lintasan nanti masih ada 22 pembalap lain yang memiliki peluang sama untuk menang. Ada beberapa nama yang mungkin bisa mengacaukan pesta Marquez vs Rossi.

Sebut saja Cal Crutchlow yang secara mengejutkan menang tahun 2016 silam atau seorang Jorge Lorenzo kala masih memperkuat Yamaha dengan kemenangannya di tahun 2015. Dani Pedrosa juga jangan dihilangkan dari persaingan. Kemenangan di tahun 2014 silam membuat pembalapyang akan pensiun musim depan itu layak diperhitungkan.

Bagaimana, sampeyan akan protes?

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.