Ah… Apanya Yang Bandit?

Suzuki Indonesia baru saja meluncurkan GSX150 Bandit di ajang GIIAS 2018, Jumat (3/8/2018). Seperti bocoran info sebelumnya, akhirnya Bandit 150 ini tidak menggunakan lampu bulat alih-alih lampu ala Satria FU. Tidak hanya lampu depan, secara keseluruhan desain Bandit 150 ini seperti keluar dari pakem desain Bandit series selama ini. Imho.

Monggo sampeyan simak Bandit series berikut mulai dari Bandit 1200, Bandit 600, Bandit 400 hingga Bandit 250.

Bandit 1200

 

Bandit 650

 

Bandit 600

 

Bandit 400

 

Bandit 250

Kemudian muncullah Bandit 150

Dari sisi mana Banditnya? Rodanya sama-sama dua? Knalpotnya satu gitu? atau sama-sama gak bisa terbang gitu? Koq jadi kesel ya. Bukan karena tidak suka, tapi ini Suzuki kebangetan sih mendesain Bandit 150. Gregetan karena jujur berharap banyak ketika muncul rumor Suzuki bakalan bikin Bandit 150. Terbayang motor laki gagah, macho dengan guratan rangka teralis dan tangki ‘separuh’ dan tentu saja lampu bulat.

Tapi, seperti yang sudah-sudah (tidak hanya Suzuki, Yamaha dan Honda juga sama) ekspektasi terlalu tinggi dibanding realitas. Akhirnya Suzuki Bandit 150 meluncur… taraaa… ternyata Bandit versi Indonesia adalah keinginan Suzuki mencolong (Bandit) pasar CB150R dan Vixion yang tanpa dicolongpun sudah terus mengecil pasarnya. Kenapa juga pakai nama Bandit kalau akhirnya tidak nge-Bandit banget.

Yes, agak disayangkan sebenarnya jika Suzuki merilis Bandit yang ini. Seperti disinggung di atas, marketshare naked sport 150cc di tanah air terus menurun, artinya kehadiran CB150R, Vixion bahkan GSX-S150 tidak mampu mengerek kue sport 150. Selain serbuan skutik 150cc, desain disinyalir menjadi salah satu penyebab keengganan konsumen untuk membeli sport 150cc. Mungkin sudah bosan. Lalu, kemudian Suzuki hadir dengan menambah line up pada sosok Bandit 150, yang sialnya punya garis desain naked sport 150 lainnya, apa iya akan diterima dengan maksimal?

Mungkin, pricing strategy akan menjadi senjata satu-satunya Suzuki untuk menjual Bandit 150 ini. Ya, harga yang lebih murah dari kompetitor tetap menjadi modal jualan utama. Akankah berhasil? Jika ukuran berhasil yakni menjadi pemenang pasar, fakta bahwa GSX-R150 dan GSX-S150 punya harga di bawah kompetitor tetap tidak mampu menjadi pemimpin pasar, maka Bandit 150 ini juga sepertinya akan memiliki nasib yang sama dengan kakak-kakaknya itu.

Jadi, kenapa tidak menelurkan Bandit 150 yang ‘Bandit Banget’ seperti Bandit series di atas. Mumpung pasar lagi lesu, kesempatan untuk menyajikan hal yang berbeda. Toh jika misal tidak berhasil, bisa saja alasan pasar lesu menjadi alibi, tapi jika berhasil menjadikan marketshare Suzuki melambung, kepuasan yang dirasakan akan berlipat-lipat.

tapi, nasi sudah menjadi bubur. Tinggal bagaimana menyajikannya agar mau disantap orang. Suzuki perlu menyediakan kerupuk, suiran daging ayam, kecap, kcang hingga sate usus dan telur puyuh agar bubur bisa enak dinikmati walau belum terlalu mengenyangkan. Iki ngomong opo toh…

Advertisements

7 Comments

  1. Bandit itu secara tampilan acak-acakan, tidak klimis, tdk rapi aplg ganteng, bebas mau ngapain, kabur larinya kencang, diomongin orang, dinyinyirin kyk di artikel ini. pas kan? sudah cocok belum sama namanya om?

  2. Bandit 1200 itu identik dgn Ganteng, Macho, tapi nakal, arogan,brandal, urakan, gagah, egois itu persepsi ane…
    Kalo diibaratkan kaum Adam itu bandit 1200 ganteng tapi hobi main perempuan
    plus jago bela diri…
    ——-
    Sedangkan,
    Ini GSX 150 bandit;
    Ganteng kagak,
    Tapi jelek mutlak & sok kegantengan & sok gaul & sok G’R & sok segalanya & gak sadar kalo dirinya itu buruk rupa & tidak punya harga diri
    Alias penampilan & tingkahnya menyebalkan & gak enak dipandang mata

  3. Bandit 1200 itu identik dgn Ganteng, Macho, tapi nakal, arogan,brandal, urakan, gagah, egois itu persepsi ane…
    Kalo diibaratkan kaum Adam itu bandit 1200 ganteng tapi hobi main perempuan
    plus jago bela diri…
    ——-
    Sedangkan,
    Ini GSX 150 bandit;
    Ganteng kagak,
    Tapi jelek mutlak & sok kegantengan & sok gaul & sok G’R & sok segalanya & gak sadar kalo dirinya itu buruk rupa & tidak punya harga diri
    Alias penampilan & tingkahnya menyebalkan & gak enak dipandang mata

Comments are closed.