Jelang Start Ke-100: Marquez Hebat, Rossi Fantastis, Agostini Istimewa!

Marc Marquez akan melakoni start ke-100 di Brno akhir pekan ini. Marquez berburu milestone di seri pembuka paruh musim kedua dengan rekor hebat di 99 balapan sebelumnya. Namun, di angka yang sama ternyata ada dua pembalap lain yang sudah melakukannya sebelum Marquez.

Catatan Marquez di 99 kali penampilannya sejak tahun 2013 adalah 70 kali naik podium dengan 40 diantaranya podium tertinggi. Catatan pole positionnya adalah 48 kali. Yes, Marquez memang tidak hanya cepat saat race, tapi juga sejak kualifikasi. Semua catatan statistik di atas disempurnakan Marquez dengan 4 titel juara dunia. Siapa dua pembalap yang melebih rekor hebat Marquez tadi?

Valentino Rossi

Legenda aktif MotoGP ini punya catatan yang lebih baik dari Marquez dalam periode yang sama, walau tidak mutlak semua sisi unggul. Rossi menjalani debut di kelas primer tahun 2000. Pembalap berusia 39 tahun itu mencetak 99 kali penampilan di seri kedua musim 2006. Hasilnya?

Rossi muda total 82 podium berbalut 54 kemenangan. Dua catatan positif ini jelas lebih baik dari Marquez, namun untuk urusan jumlah pole, Rossi harus angkat topi untuk si baby alien. Yup, Rossi hanya mampu 30 kali pole di periode tersebut, bandingkan dengan 48 angka milik Marquez. Alhasil, julukan sunday rider alis pembalap yang ‘hanya’ kencang saat race minggu melekat kepada Rossi, hingga kini. Hasil akhirnya adalah 5 kali juara dunia.

Giacomo Agostini

Marquez hebat, Rossi fantastis, tapi Agostini adalah istimewa! Legenda MotoGP asal Italia ini benar-benar membuat catatan rekor apik Marquez dan Rossi seperti tidak ada apa-apanya. Agostini berkarir di kelas primer sejak tahun 1965 dan mencatatkan penampilan ke-99 kalinya di tahun 1975. Tidak usah heran, sebab di masa itu jumlah seri balap GP masih tidak sebanyak saat ini.

99 kali start, Agostini meraih 67 kemenangan dari 84 kali naik podium. Sayang, tidak ada catatan pole yang diraihnya. Laman motogp.com hanya mencatat jumlah pole pembalap sejak tahun 1974 dimana Agostini baru mencatatkan 6 kali pole.

Perbedaan Lain

Sedikit catatan, selain unggul secara statistik kemenangan dan podium, baik Rossi maupun Agostini punya ‘sesuatu’ yang tidak dimiliki seorang Marquez. Pertama, catatan statistik Rossi di atas dicetaknya dengan dua brand motor, Honda dan Yamaha. Marquez, hanya dengan Honda. Selain itu, Rossi melakukannya dengan mengendarai dua jenis motor, 500 cc 2 tak dan 800-1000 cc 4 tak. Marquez hanya dengan motor 4 tak. Tapi catatan ini bukan berarti Rossi lebih hebat atau Marquez inferior, No! hanya soal jaman yang berbeda.

Kedua, untuk Agostini Ia mencetak rekor itu dengan membagi konsentrasi sebab selain membalap di kelas 500 cc, Agostini secara paralel juga membalap di kelas 350 cc. Namun, catatan statistik di atas hanya diambil dari kelas 500 cc. Sekali lagi, ini bukan menunjukkan siapa yang superior, hanya soal jaman yang berbeda.

So, buat sampeyan yang mengaku fans Rossi atau fans Marquez atau bahkan ada yang menyukai Agostini, silahkan data di atas dicerna masing-masing. Membanggakan torehan sang idola tentu wajar, tapi tidak usah saling ejek apalagi membully, kecuali sampeyan memang bermental begitu.

Advertisements