Hanya Hujan Yang Bisa Bendung Ducati di Latihan Bebas MotoGP Austria 2018

MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring telah dimulai. Seri kesebelas dari 19 seri musim ini dibuka dengan latihan bebas pertama (FP1). Kondisi cuaca kering dan ideal untuk menggeber motor hingga batas maksimal. Namun, cuaca berubah menjadi hujan sehingga sesi di-declare wet race alias balapan basah. Hasilnya, Ducati menempati ‘habitat’ sebenarnya di FP1!

Yes, sejak pertama kali menggelar balap MotoGP, Red Bull Ring seolah diciptakan untuk Ducati. Tahun 2016, sejarah untuk pertama kalinya Ducati menang pasca era Casey Stoner di Red Bull Ring melalui Andrea Iannone. Setahun kemudian kedigdayaan pabrikan Bologna itu kembali terlihat. Adalah Andrea Dovizioso yang mempersembahkannya. Tahun ini tanda-tanda dominasi pabrikan Italia itu sudah tampak.

Di FP1, Dovizioso menempati posisi tercepat pertama dengan 1:23,830. Dovi menjadi satu-satunya pembalap yang menembus 1:23 menit. Dovi unggul 0,215 detik dari rekan setimnya, Jorge Lorenzo dan 0,490 detik dari Danilo Petrucci di tempat ketiga. Ya, Ducati menempatkan 3 motor di posisi terdepan FP1 Austria.

Posisi keempat baru bukan Ducati lagi melainkan Honda melalui Marc Marquez. Marquez berjarak 0,581 detik dari Dovi. Andrea Iannone membawa Suzuki tercepat kelima diikuti Dani Pedrosa dan Cal Crutchlow.

Sementara itu, seperti yang sudah diduga, Yamaha nampak tak berkutik di Red Bull Ring. Posisi terbaik pembalap Yamaha ada di pundak Johann Zarco yang menjadi pembalap tercepat kesembilan. Maverick Vinales harus susah payah sebelum menembus top 10. Valentino Rossi posisi 11.

Sementara itu, sesi dua yang berlangsung sore atau petang waktu Indonesia barat justru berlangsung dalam kondisi basah akibat hujan. Sesi-pun dinyatakan wet race. Bisa dipastikan best laptime pembalap tidak akan diperbaiki di sesi ini.

Benar saja, Marquez yang menjadi pembalap tercepat ‘hanya’ mencetak best laptime 1:33,995 atau lebih lambat 10 detik dari catatan waktu Dovi di FP1. Ducati masih mendominasi sesi ini. Marquez memang di puncak, tapi 3 pembalap setelahnya semuanya pakai motor Ducati.

Danilo Petrucci memimpin di posisi ketiga tepat di belakang Scott Redding dengan Aprilia RS-GP. Lorenzo dan Dovi di posisi keempat dan kelima. Yamaha? Hanya Rossi yang masuk top 10 yakni di posisi 10 dengan gap 2,332 detik dari Marquez.

Advertisements