Marc Marquez Raih Pole MotoGP Austria 2018, Front Row De Javu Musim Lalu!

Marc Marquez tampil sebagai yang tercepat di kualifikasi MotoGP Austria 2018. Marquez meraih pole usai mengalahkan dua pembalap Ducati, Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo. Keduanya akan start di front row menemani Marquez.

Torehan Marquez ini identik dengan prestasinya tahun lalu yang juga meraih pole. Bahkan, posisi dua dan tiga tahun ini juga sama dengan musim 2017.

Pole di Red Bull Ring ini merupakan pole keempat Marquez musim ini setelah melakukannya di Austin (kemudian mendapat sanksi mundur 3 grid), Assen dan Sachsenring.

Marquez sebenarnya tidak mudah meraih pole kali ini. Dovi yang menempati posisi kedua hanya berjarak 0,002 detik di belakangnya. Best laptime Marquez adalah 1:23,241 sedangkan Dovi 1:23,243.

Yang cukup menarik lagi adalah kegagalan Valentino Rossi menembus Q2, baik langsung maupun ketika harus bersaing di Q1. Ia hanya akan start dari posisi 14, sedangkan rekannya, Maverick Vinales di posisi 11. Pembalap Yamaha terbaik di posisi 6 yakni Johann Zarco.

Sirkuit Red Bull Ring memang dikenal tidak bersahabat bagi Yamaha. Karakter sirkuit yang kencang dengan tikungan cepat bertebaran membuat motor dengan power besar yang bisa memaksimalkannya. Yamaha bukanlah motor dengan kategori itu, apalagi musim ini mereka masih belum juga menemukan solusi elektronik yang terus dikeluhkan Rossi dan Vinales sejak tahun lalu.

Bukan tidak mungkin, Yamaha akan memperpanjang puasa kemenangannya menjadi 21 kali di Red Bull Ring ini atau satu lagi menyamai rekor terburuknya tahun 1997-1998 silam.

 

Advertisements