Terpuruk di Kualifikasi Austria, Rossi: “Yamaha Pernah Menghadirkan M1 Terbaik Bagi Saya, M1 2005!”

ktm indonesia

Usai mendengar permintaan maaf Yamaha melalui Project leader YZR-M1, Kouji Tsuya, Valentino Rossi berharap Yamaha sungguh-sungguh bereaksi untuk bisa menghadirkan YZR-M1 terbaik seperti yang ditungganginya tahun 2005 silam. M1 2005 disebut Rossi sebagai M1 terbaik yang pernah ditungganginya berkat respon positif usai keluar dari periode terburuk Yamaha tahun 2004.

Rossi menderita sepanjang akhir pekan ini di Red Bull Ring, sama halnya dengan yang dialami Maverick Vinales. Terlempar dari top 10 di sesi latihan bebas Jumat pagi, gagal memperbaikinya di Jumat sore pasca trek yang basah. Puncaknya, Rossi gagal menembus top 10 baik dari kombinasi latihan bebas maupun ketika melakoni Q1. Catatan terburuk mengulang Philip Island 2016 silam.

Dengan Vinales yang start ke-11, untuk pertama kalinya dua pembalap Yamaha berada di luar top 10 kualifikasi kering sejak 2008.

Tapi, bagi Rossi situasi saat ini tidaklah seburuk tahun 2004 silam. Peningkatan itu, menurut Rossi, akan membutuhkan usaha, dana, dan soliditas organisasi yang tidak terlihat di Yamaha sejak musim debut yang luar biasa bagi pembalap Italia itu pada tahun 2004.

“Ketika saya tiba, waktu yang sangat lama di 2004 Yamaha jauh lebih buruk dari sekarang. Namun dalam satu tahun mereka bereaksi sangat kuat,” ujar Rossi dikutip dari crash.net (11/8/2018).

Kemudian, Rossi menceritakan kondisi Yamaha kala itu dimana secara organisasi mereka sangat solid, dana juga melimpah dan tentu saja sumber daya manusia yang banyak sehingga respon hebat mereka mampu menghasilkan YZR-M1 terbaik yang pernah ada.

“Mereka menempatkan organisasi yang berbeda, menginvestasikan lebih banyak uang, lebih banyak orang dan dalam satu tahun itu kami mampu membuat M1 2005 yang bagi saya M1 terbaik yang saya kendarai. Jadi kita harus mencoba yang sama,” papar Rossi.

Tersirat jika saat ini menurut Rossi Yamaha tidak berinvestasi banyak untuk menyelesaikan masalah elektronik M1 dimana seharusnya mereka bereaksi seperti Honda yang membayar orang yang ahli ECU sehingga saat ini Honda bisa mengejar ketinggalan dari Ducati yang memang sudah biasa dengan ECU magneti marelli.

YZR-M1 2005 best ever M1
Advertisements