Ketika Forza 250 Kalahkan Penjualan BeAT!

Cak, sampeyan ikutan mencibir gak saat Honda memamerkan Forza 250 dengan banderol 70 jutaan Rupiah? Bisa dimaklumi sebab Forza memang digadang-gadang akan menjadi lawan Yamaha XMax 250, padahal sang lawan dibanderol jauh lebih murah 57 jutaan Rupiah. “Siapa yang mau beli?” Kira-kira begitu kalimatnya saat mencibir. Tapi, setelah beberapa hari usai diperkenalkan, Forza 250 membuktikan bahwa cibiran itu salah!

Yes, Forza 250 diperkenalkan ke publik tanah air sebagai motor CBU alias non rakitan lokal di hari pertama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Event otomotif akbar tahunan yang diselenggarakan di ICE BSD City, 2-12 Agustus lalu ternyata menjadi bukti bahwa Forza 250 laris manis.

Bayangkan, dengan banderol 70 jutaan si skutik bongsor itu telah laku sebanyak 321 unit hanya dalam 11 hari pameran. Gokil gak tuh rakyat Indonesia? Oh iya, data tersebut RA peroleh dari press release AHM via whatsapp.

Makin terlihat gokil jika dibandingkan dengan penjualan Honda BeAT. Motor sepuluh juta umat itu yang tiap bulannya terjual di atas 200 ribu unit, di GIIAS kalah total dari penjualan Forza 250 yakni 57 unit saja. Padahal BeAT punya banderol 4-5 kali lipat Forza. Tapi, tentu saja hal itu bisa dianalisa dengan metode tebak-tebak buah manggis.

Pertama, publik sudah bosan dengan BeAT. Dalam artian, ngapain juga beli BeAT di sebuah event akbar sekelas GIIAS, toh di dealer biasa ready. Nah, kebalikannya dengan Forza. Ini motor baru, selama ini memang didengung-dengungkan akan hadir, kemunculan di GIIAS seolah bagai oase di padang pasir. Pada berebut membelinya.

Kedua, Forza 250 adalah motor CBU alias bukan bikinan AHM. Penggemar Honda di luar sana banyak, sangat banyak malah. Tapi bagi yang berduit dan melek teknologi, biasanya Honda-nya mereka ya produk global, bukan AHM. So, ketika meluncur produk eksklusif non AHM, langsung di serbu, harga bukan handicap lagi.

Ketiga, karakter konsumen tanah air. Setiap ada produk baru, biasanya akan langsung berebut memilikinya lebih dulu. Embel-embel “konsumen pertama di Indonesia atau di dunia yang memiliki motor anu” masih menjadi magnet kuat. Tak peduli produk itu akan bermasalah atau tidak. Tapi, untuk kasus Forza di atas kekuatiran muncul masalah akan kecil, balik ke analisa kedua.

Sekedar informasi tambahan, di GIIAS kemarin Honda telah menjual sekitar 1000 unit motor, rinciannya sebagai berikut:

  1. Forza 250 – 321 unit
  2. New PCX 150 – 190 unit
  3. Super Cup 125 – 174 unit
  4. Vario – 66 unit
  5. CBR250RR – 56 unit
  6. BeAT – 57 unit
  7. Scoopy 47 unit
  8. CMX500 Rebel – 48 unit
  9. CRF1000L Africa Twin – 3 unit
  10. Goldwing – 2 unit

Hondaaaa….!!!

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.