MotoGP Lebih Baik Dari F1? Ini Pendapat Ross Brawn Sang ‘Penemu’ Schummi!

Puncak ajang balap motor dunia adalah MotoGP, sedangkan untuk mobil ya Formula One (F1). Dua ajang balap kelas dunia itu sejatinya tidak bisa dibandingkan, namun menarik untuk mengetahui bagaimana pandangan orang F1 terhadap perkembangan MotoGP saat ini. Seperti yang dikatakan eks team principal Ferrari yang telah membawa Michael Schumacher 7 kali juara dunia F1, Ross Brawn!

Brawn adalah orang yang ‘menemukan’ seorang Schummi sejak pertama di Benetton tahun 1991. Ia sukses mengantar pria Jerman itu dua kali juara dunia tahun 1994 dan 1995. Kemudian mengulangnya lagi bersama Ferrari pada tahun 2000-2004. Brawn dikenal sebagai ahli strategi balapan. Kini, pria kelahiran 23 November 63 tahun silam itu menjadi Managing Director, Motor Sports and Technical Director F1 sejak 2017 lalu.

Nah, saat gelaran GP Austria akhir pekan lalu, Brawn mendapat undangan khusus dari tim satelit Ducati, Alma Pramac Racing untuk menyaksikan langsung aksi-aksi Jorge Lorenzo, Marc Marquez maupun Valentino Rossi di lintasan Spielberg. Mendapat akses langsung menyaksikan balapan MotoGP, Brawn mengaku terkesima dengan perkembangan teknologi motor-motor prototype itu.

“Ada beberapa aspek yang sangat menarik di MotoGP, contohnya aerodinamika. Pertunjukan yang ditawarkan juga sangat luar biasa, baik di dalam ataupun luar trek,” ungkap Brawn kepada skysport.com (13/8/2018).

Namun tidak hanya itu yang menjadi perhatian Brawn. Ia menyoroti ‘bersahabatnya’ MotoGP sehingga mudah dijangkau penggemar, sesuatu yang belum bisa dilakukan F1 sampai saat ini.

“Ada satu hal yang sangat saya sukai tentang MotoGP, fakta bahwa orang-orang di sana bisa lebih mudah dijangkau. Kondisinya tidak sama di F1, dan kami harus memperbaikinya,” tutupnya.

Sekedar informasi, hak siar F1 saat ini dipegang oleh Liberty Media. Jadi, merekalah yang bertanggung jawab dengan hubungan F1 dengan penggemar. Dan, memang harus diakui saat ini pamor F1 semakin meredup seiring dominasi Mercedes dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai ubahan regulasi dilakukan untuk membuat persaingan merata, namun masih belum terwujud saat ini.

Sedangkan di MotoGP, Dorna telah berhasil membuat tim-tim bermodal kuat ‘mengerem’ penggunaan kekuatan finansial mereka untuk mendominasi balapan, salah satunya dengan pembatasan jumlah mesin dan tentu saja penggunaan ECU seragam, Magnetti Marelli.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.