Jelang MotoGP Inggris: Permukaan Trek Diaspal Ulang, Michelin Buta!

ktm indonesia

Permukaan trek Silverstone baru diaspal ulang. Tentu saja ini menjadi tantangan lain dari para pembalap, khususnya dalam manajemen ban, disamping cuaca yang kerap menjadi momok bagi para pembalap. Apalagi, mereka tidak pernah melakukan tes di atas permukaan aspal yang baru. Tidak hanya pembalap, tantangan berat juga dihadapi Michelin, supplier tunggal ban di MotoGP.

Silverstone akan sangat menantang bagi Michelin akhir pekan ini, di mana untuk pertama kalinya dalam 22 tahun, trek di aspal ulang. Masalahnya adalah tidak ada informasi atau data tentang trek pasca pengaspalan sehingga akan menjadi tantangan bagi teknisi di Clermont-Ferrand. Yes, Michelin benar-benar buta tentang Silverstone yang ‘baru’.

Oleh karena itu, mereka akan menyediakan 4 kompon ban dibanding biasanya yang hanya 3, yakni soft, medium serta dua opsi hard tersedia untuk ban depan-belakang. Kompon soft berdesain asimetris Рdengan sisi kanan lebih keras Рsedangkan tiga lainnya simetris (gpone.com, 21/8/2018).

“Ini adalah tantangan besar lainnya bagi kami ketika kami menuju ke trek terpanjang tahun ini setelah memiliki permukaan aspal yang baru dan kami belum memiliki kesempatan untuk menguji di sana,” ungkap manajer Michelin, Piero Taramasso.

Taramasso menjelaskan pihaknya sudah menyiapkan formula baru untuk memproduksi ban di Silverstone berdasarkan masukan dari perusahaan yang mengaspal dan data lama yang dimiliki perusahaannya sendiri.

“Oleh karena itu, kami menyediakan 4 kompon ban berbeda untuk para pembalap hingga mereka memutuskan akan menggunakan yang mana,” tutup Taramasso.

Advertisements

1 Comment

Comments are closed.