Abaikan Yamaha, Fokus ke Ducati vs Honda di Silverstone 2018!

ktm indonesia

Sampeyan boleh ‘membuang’ nama Yamaha dari daftar calon pemenang MotoGP Inggris akhir pekan ini, tidak salah jika melihat performa pabrikan Iwata di sepanjang musim ini yang belum juga memenagi satu seripun. Jika sampeyan memasukkan dua tim ini, Ducati dan Honda, ke dalam daftar pertarungan juara, itupun tidak salah jika mengacu pada performa dua motor ini di dua seri terakhir.

Yes, di dua seri terakhir pembalap Ducati berjaya, Dovizioso kuasai Brno sedangkan Lorenzo melanjutkan supremasi Ducati di Red Bull Ring. Tapi, kemenangan mereka tidaklah mudah. Sebab, ada pembalap Honda bernama Marquez yang merecoki dominasi Borgo Panigale. Di Brno misalnya, walau Dovi dan Lorenzo finish 1-2, tapi Marquez selalu membuntuti mereka dengan jarak yang dekat. Marquez hanya berjarak 0,3 detik saja dari Dovi.

Pun demikian di Austria. Di Sirkuit Red Bull Ring akhir pekan lalu, Jorge Lorenzo berhasil memuncaki podium. Rival terdekatnya kembali adalah Marc Marquez dan Andrea Dovizioso. Bahkan, Lorenzo dibuat ketar-ketir dengan sepak terjang Marquez hingga di tikungan terakhir jelang finish. Jadi, di Silverstone nanti sangat terbuka peluang Ducati vs Honda jilid III terjadi.

Tapi, juga tidak salah andaikan sampeyan tetap memasukkan nama Yamaha, entah itu Valentino Rossi atau Meverick Vinales, ke dalam daftar calon pemenang Silverstone 2018. Walau lagi punya performa jelek, YZR-M1 terbukti melonjak tajam performanya jika bertarung di sirkuit yang cocok. Dan, Silverstone merupakan salah satu ‘sirkuitnya’ Yamaha. Lay out penuh tikungan kencang ternyata cocok menutupi kelemahan terbesar Yamaha M1 musim ini, akselerasi!

Ingat, di Silverstone ini sudah 5 pembalap berbeda yang pernah merasakan nikmatnya podium puncak dalam 5 tahun terakhir. Artinya, tidak ada yang mendominasi di sini. Termasuk masing-masing kemenangan Rossi dan Vinales kala belum berduet.

Pemenang MotoGP Inggris di Silverstone 2013-2017:

  • 2013 – Jorge Lorenzo (Yamaha)
  • 2014 – Marc Marquez (Honda)
  • 2015 – Valentino Rossi (Yamaha)
  • 2016 – Maverick Vinales (Suzuki)
  • 2017 – Andrea Dovizioso (Ducati)

Jadi, jika di tengah pertarungan ketat Desmosedici GP18 vs RC213V tiba-tiba menyeruak YZR-M1 ke depan, tidak usah heran.

Advertisements