Ngeri! Yamaha ‘Hibahkan’ Zeelenberg dan Forcada Untuk SIC Yamaha!

ktm indonesia

Tidak hanya secara resmi memperkenalkan tim satelit SIC Yamaha dengan dua pembalapnya, Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo, sebagai tim satelit mereka, Yamaha juga ‘menghadiahi’ tim satelitnya itu dengan dua orang juara dunia. Wilco Zeelenberg dan Ramon Forcada akan membantu proyek Petronas-Sepang MotoGP.

Zeelenberg yang musim ini masih sebagai rider performance analyst Maverick Vinales akan menjadi manajer tim SIC Yamaha sedangkan Forcada seperti yang pernah diharapkan Valentino Rossi akan tetap berperan sebagai kepala mekanik. Morbidelli yang akan menjadi objek besutan Forcada selepas dari Vinales akhir musim ini.

Kombinasi Mengerikan Bersama Lorenzo

Dua sosok ini adalah kunci keberhasilan Jorge Lorenzo memboyong 3 titel juara dunia dengan 43 kemenangan sebelum x-fuera hengkang ke Ducati. Ngeri ya… Sayang, entah karena tidak cocok atau sejenisnya, keduanya gagal membawa Vinales mengulang sukses Lorenzo. Kombinasi Zeelenberg-Forcada-Vinales ‘hanya’ mempersembahkan 3 kemenangan di 5 seri awal MotoGP 2017.

“Wilco (Zeelenberg) akan menjadi manajer tim, dan saya pikir itu pilihan yang optimal juga. Ketika dia bergabung dengan kami beberapa tahun yang lalu, adalah manajer tim kami ketika kami memiliki dua manajer tim pada tahap itu [satu untuk Lorenzo, satu untuk Rossi], dan bersama Jorge selama bertahun-tahun mereka memenangkan kejuaraan bersama, dengan Ramon juga,” ungkap Jarvis seperti dikutip dari crash.net (24/8/2018).

Crew Chief Morbidelli Untuk Quartararo

Sementara itu, Quartararo akan ditangani crew chief Morbidelli saat ini di Marc VDS, Diego Gubellin. Quartararo dan Morbidelli akan menggunakan YZR-M1 spek beda musim depan. Morbidelli akan menggunakan motor yang sama persis dengan yang digunakan Rossi dan Vinales yakni M1 spek A atau M1 2019 sedangkan Quartararo akan pakai M1 spek B (M1 2018).

Yamaha nampaknya benar-benar akan habis-habisan dengan tim satelit barunya ini. Dengan memberikan Zeelenberg dan Forcada, Yamaha memang mengharapkan SIC Yamaha bisa memberikan informasi data pengembangan M1 lebih banyak dan lebih dalam. Dan tentu saja diharapkan bisa membantu Morbidelli berkembang pesat, calon pengganti Rossi di tim factory Yamaha.

Advertisements