Bukan Hujan, Tapi Ini Biang Kerok Batalnya MotoGP Inggris 2018!

Race Director Mike Webb menyebut pembatalan MotoGP Inggris tahun ini dikarenakan permukaan baru aspal Silverstone yang membuat air tidak mampu mengalir dengan baik ketika diguyur hujan. Alhasil, kenangan eh genangan air muncul di beberapa titik penting di sirkuit.

Awal musim ini Sirkuit Silverstone memang dilakukan aspal ulang untuk mengatasi bump (permukaan lintasan tidak rata atau bergelombang) juga agar permukaan lintasan konsisten sehingga para pembalap tidak diganggu lagi oleh masalah teknis lintasan. Namun, pada kenyataannya para pembalap tetap mengeluh masih ada bump di beberapa titik usai melakoni latihan bebas Jumat (24/8/2018).

Puncaknya adalah ketika FP4 Sabtu (25/8/2018) dimana hujan mengguyur lintasan, terjadi kecelakaan beruntun di Tikungan 7. Tito Rabat yang tergelincir kemudian tidak beruntung dihantam motor Franco Morbidelli yang menuju dirinya di gravel. Alhasil, Rabat mengalami patah tulang kaki dan harus diterbangkan ke rumah sakit untuk dilakukan operasi.

Dalam konferensi pers, Minggu (26/8/2018) Webb memberikan pernyataan soal aspal baru yang berimbas langsung terhadap munculnya genangan air di beberapa titik penting di lintasan.

“Tahun ini dengan permukaan baru adalah pertama kalinya kami menemukan begitu banyak air yang menggenang di tempat-tempat penting di lintasan,” ujar pria asal Selandia Baru itu.

Padahal menurut Webb, selama bertahun-tahun dengan permukaan aspal yang lama dan dalam kondisi basah mereka masih tetap bisa melakoni balapan.

“Ya, itu (pembatalan) adalah hasil langsung dari permukaan lintasan. Kami memiliki pengalaman bertahun-tahun di sini dalam kondisi yang sangat basah dengan permukaan lama baru-baru ini dan kami telah mampu menjalankan balapan,” ucap Webb seperti dilansir dari motorsport.com (27/8/2018).

Kronologi Pembatalan

Memang, sebelum race direction memutuskan membatalkan balapan, mereka lebih dulu membuat skenario ‘mengakali’ kondisi di lapangan, yang pertama adalah menjadwal ulang waktu start. Balapan dimajukan 90 menit dari jadwal semula pukul 19.00 wib, hal ini dilakukan untuk antisipasi menghindari hujan turun. Bahkan, opsi ini termasuk membatalkan kelas Moto3 dan Moto2 jika usai balapan kelas primer usai dan hujan turun.

Tapi, kenyatannya lintasan sudah basah sebelum balapan digelar pukul 17.30 wib. Webb dan petinggi IRTA serta tim dan pembalap melakukan pertemuan dan diputuskan balapan ditunda. Inspeksi akan dilakukan pukul 22.00 wib untuk memastikan kondisi trek apakah layak atau tidak digunakan. Atau dengan kata lain, balapan akan diputuskan lanjut atau stop saat moment itu.

Akhirnya, sebelum pukul 22.00 wib, ketika kondisi lintasan tetap buruk dan tidak ada kemajuan, Race Direction memutuskan balapan batal!

“Ketika sudah jelas bahwa kondisi lintasan tidak membaik, bahkan ketika hujan mereda sedikit permukaan lintasan masih terlalu basah, kami telah mengambil keputusan yang sangat sulit dan yang disesalkan untuk membatalkan,” tutup Webb sembari memberikan apresiasi kepada staf Silverstone untuk mencoba memperbaiki masalah sistem drainase, dengan pekerja trek berusaha menguranginya dalam waktu semalam.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.