Menunggu Dua Gebrakan Baru Yamaha di 2019

Dua musim terakhir Yamaha MotoGP bisa dibilang gagal total bersaing dengan Honda dan Ducati. Bahkan, jika hujan tidak ‘ngriwuki’ Silverstone akhir pekan lalu, bukan tidak mungkin mereka akan menyamai rekor buruknya yakni 22 seri tanpa kemenangan. Nah, sadar dengan kondisinya yang terus tertinggal Yamaha akhirnya membuat dua kebijakan baru yang selama ini belum pernah mereka lakukan. Yes, kita menunggu dua gebrakan baru Yamaha di 2019.

Selama ini, policy development Yamaha tidak pernah menyinggung dua sektor ini; motor spek terbaru untuk tim satelit dan tim tes di luar Jepang. Nah, mulai musim depan dua kebijakan baru itu resmi akan diberlakukan pabrikan Iwata.

Pertama, mereka telah resmi mendukung tim satelit Yamaha Petronas secara penuh dengan memberikan motor YZR-M1 spek A untuk Franco Morbidelli. Penjelasan lengkap tentang motor Spek A sudah pernah RA tulis di sini. Dengan 3 motor M1 sama persis di trek, Yamaha bisa mengoleksi lebih banyak data untuk pengembangan M1.

Kedua, mulai musim depan Yamaha memutuskan akan menghadirkan tes tim Eropa dimana selama ini kebiasaan Yamaha selalu melakukan tes di jepang dengan tes rider lokal seperti Kohta Nozane dan Katsuyuki Nakasuga. Keputusan ini terkait denga kecepatan logistik saat pengetesan, maklum seri MotoGP sebagian besar berlangsung di daratan Eropa.

Dengan dua gebrakan baru itu, Yamaha akan selevel dengan Ducati dan Honda yang lebih dulu mengaplikasikannya. Ducati menurunkan 3 Desmosedici GP18 musim ini, selain yang digunakan Dovizioso dan Lorenzo, juga dipakai pembalap tim satelit, Danilo Petrucci. Honda pun demikian, mereka punya Cal Crutchlow yang mengunakan RC213V setara dengan yang dipakai Marquez dan Pedrosa.

Untuk tim tes, Ducati punya Mika Kalilo yang setia memberikan masukan demi masukan untuk pengembangan Desmosedici. Honda punya Stefan Bradl yang siap memberikan feedback positif bagi pengembangan RC213V.

Kita tunggu saja apakah Yamaha bisa memperoleh hasil radikal dari dua gebrakan barunya musim depan itu atau justru makin tertinggal dari dua rivalnya itu.

 

Advertisements

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.