Sekelas MotoGP Bisa Miss Komunikasi Juga? Ini Buktinya!

ktm indonesia

Gelaran MotoGP Inggris 2018 sudah resmi dibatalkan terkait kondisi lintasan yang buruk pasca hujan. Sebagian besar pembalap dan manajer tim menyetujui keputusan itu karena terkait masalah keselamatan pembalap di lintasan. Namun, beberapa pihak bertanya-tanya mengapa pembalap tidak diundang menghadiri rapat keputusan itu, seperti yang dialami oleh Ducati.

Ducati mengeluarkan pernyataan resmi terkait keputusan untuk membatalkan semua tiga balapan grand prix pada hari Minggu di Silverstone. Ducati menyebut keputusan itu “benar-benar sesuai”, tetapi manajer tim Davide Tardozzi mempertanyakan komunikasi mengenai pertemuan penting antara race direction dan para pembalap MotoGP.

Sejumlah pembalap utama memang tidak hadir tepat sebelum jam 16:00 (22.00 wib) pada hari Minggu, ketika para pembalap bertemu untuk memutuskan apakah balapan harus dilakukan pada sore hingga petang di trek basah.

Berbicara kepada televisi Italia Sky Sport Italia, Andrea Dovizioso yang tidak hadir pada pertemuan tersebut mengaku kecewa tidak diberi tahu soal pertemuan itu. Sebelumnya,┬ápada hari Senin, tim Bologna merilis pernyataan di mana Tardozzi juga mengklaim “tidak ada konfirmasi resmi” mengenai pertemuan pembalap.

“Kemarin sore saya tidak menerima pemberitahuan resmi tentang pertemuan antara pembalap dan race director untuk membuat keputusan tentang pembatalan Grand Prix,” kata Tardozzi. “Inisiatif pertemuan dengan race direction muncul secara spontan antara sejumlah pengendara yang mulai memberi tahu yang lain untuk datang ke kantor IRTA”.

Tardozzi kemudian memberi contoh bagaimana Jorge Lorenzo mendapat pemberitahuan dari sang manajer, Albert Valera, yang ternyata mendapat informasi dari Aleix Espargaro. Tidak semua pembalap hadir sebab beberapa dari mereka tidak mendapat pemberitahuan resmi bahkan sebagian yang hadir di pertemuan itu tahunya dari televisi. Wah parah ya… Tapi apakah benar demikian?

Menurut Loris Capirossi, sebagai perwakilan race direction, pihaknya telah memberi tahu seluruh manajer tim. “Yang pasti kami telah memberi tahu semua orang karena termasuk memberi tahu semua manajer tim dan [Jorge] Lorenzo ada di sana waktu itu. Saya memang tidak memberi tahu secara personal tetapi saya tidak tahu mengapa Andrea [Dovizioso] tidak hadir,” ungkap Capirossi seperti dikutip dari crash.net (27/8/2018).

Heemm… kayaknya ada semacam miss komunikasi nih. Entah di bagian mana informasi pemberitahuan itu hilang atau tidak sampai, walau tidak menutup kemungkinan juga pihak Race Direction tidak sempat mengabari semua pembalap (jika membaca pernyataan Capirossi agak mustahil ini). Sebab, untuk sebuah keputusan sepenting ini (pembatalan balapan) rasanya tidak mungkin Dorna mengabaikan suara pembalap. Kita tunggu saja kabar berikutnya…

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Fakta Baru Seputar Pembatalan MotoGP Inggris 2018: CEO Dorna Ingin Balapan Tetap Berlangsung, Pertemuan Pembalap Tidak Resmi! | rideralam.com

Comments are closed.