Meksiko Batal, Valentino Rossi dan Aleix Espargaro: “Mereka Mendengarkan Kami”

ktm indonesia

Beberapa waktu lalu tersirat keinginan Dorna untuk memasukkan Sirkuit Autodromo Hemanos Rodrigues di Meksiko di kalender MotoGP 2019. Namun, beberapa pembalap nampak keberatan dengan rencana itu, salah satunya Valentino Rossi yang menganggap Sirkuit F1 itu terlalu berbahaya untuk balap motor jika tanpa renovasi sana-sini. Dan, nampaknya keinginan Rossi itu tercapai.

Bahkan, dalam sebuah kesempatan Rossi menyebut Sirkuit AHR sangat buruk. “Itu adalah trek yang buruk, juga sangat berbahaya,” ungkap Rossi.

Tidak hanya Rossi, Aleix Espargaro juga tidak senang dengan rencana itu, sehingga dengan penolakan beberapa pembalap, Dorna akhirnya tidak memasukkan GP Meksiko ke dalam kalender sementara MotoGP 2019. Namun, Meksiko tidak benar-benar batal menjadi tuan rumah MotoGP, tapi mereka harus merenovasi sirkuit AHR hingga menjadi lebih aman bagi pembalap.

Perubahan tingkat keamanan di lintasan menjadi syarat wajib AHR untuk menembus MotoGP dan kemudian dilanjutkan dengan sesi tes yang akan membuka jalan untuk debut MotoGP pada 2020.

“Sekarang sepertinya kita tidak akan [pergi ke Meksiko pada 2019],” kata Aleix Espargaro dari Aprilia, yang mengatakan dia senang dengan cara penyelenggara MotoGP menanggapi kekhawatiran para pembalap. “Saya gembira dengan keputusan yang mereka ambil. Saya senang, karena mereka benar-benar mendengarkan kami,” tambah Aleix seperti dikutip dari crash.net (28/8/2018).

Sebenarnya, Espargaro dan beberapa pembalap lain tidak keberatan membalap di Meksiko tentu saja mereka memberi syarat yakni lintasan harus aman digunakan untuk balap motor. Maklum, AHR memang identik dengan balapan F1 dimana area run off tidak terlalu lebar dan tembok pembatas yang cukup dekat dengan trek. Ngeri ya membalap dimana sebelah dengkul sudah tembok aja.

“Juga di bagian lurus, dindingnya sangat dekat. Saya tidak suka straight di Indianapolis dan saya pikir straight di Meksiko sangat mirip, jadi lebih baik pergi ke sana, lihat sendiri dan uji sebelum balapan,” tutup Aleix.

Advertisements