Jonas Folger Hadir Saat Yamaha Tes Privat Di Aragon, Tanda-Tanda nih!

ktm indonesia

Private Test yang diselenggarakan di Sirkuit Motorland Aragon diikuti oleh tim-tim seperti Pramac Racing, Suzuki, KTM dan juga Yamaha, Rabu (29/8/2018). Pramac menurunkan Jack Miller dan Danilo Petrucci, Suzuki turun komplit plus Sylvain Guintoli sebagai test rider mereka, KTM menurunkan Bradley Smith dan Rancy De Puniet sebagai test rider, sedangkan Yamaha turun dengan Rossi dan Vinales. Namun, ada satu nama yang menyita perhatian, Jonas Folger.

Yes, mantan pembalap Yamaha Tech 3 itu nampak hadir di Aragon. Tapi, pembalap jerman itu tidak melakukan uji coba melainkan datang sebagai penonton. Folger hadir sebagai penonton dan duduk di tribun Aragon menyaksikan pembalap-pembalap itu menguji performa motor tunggangan.

Kehadiran Folger makin menguatkan spekulasi bahwa Ia akan direkrut Yamaha sebagai test rider mulai musim depan. Tentu saja kehadiran Folger sebagai penonton di Aragon tidak sekedar menyaksikan tes privat, kayak kurang kerjaan saja. Gpone.com (30/8/2018) menduga kehadirannya makin menguatkan kabar yang beredar bahwa eks partner Johann Zarco itu akan memulai petualangan baru di Yamaha sebagai test rider.

Kabar itu makin klop dengan gebrakan Yamaha musim 2019 nanti dimana pabrikan Iwata itu akan membentuk tim tes Eropa yang tentu saja membutuhkan pembalap non Jepang – seperti yang selama ini mereka lakukan – untuk melakoni ujicoba di sirkuit-sirkuit Eropa. Folger dengan pengalamannya membesut YZR-M1 selama hampir semusim tentu menjadi nilai plus bagi Yamaha jika nantinya benar-benar direkrut.

Karir Folger di MotoGP

Jonas Folger bergabung dengan kelas primer MotoGP awal tahun 2017  bersama tim Yamaha Tech 3 dan berduet dengan Johann Zarco. Performa impresif ditunjukkannya sepanjang musim termasuk finish runner up di GP Jerman yang menjadi torehan terbaiknya sejauh ini. Sayang, di 4 seri pamungkas MotoGP 2017 Ia ‘dipaksa’ absen usai menderita sindrom gilbert yang membuat kondisi fisiknya tidak mungkin membalap lagi. Hingga akhirnya Ia memutuskan mundur dari Tech 3 di awal musim ini.

Lama tidak muncul, tiba-tiba Folger hadir di tes Aragon Juni lalu. Tidak hanya muncul, Ia juga melakukan uji coba sasis baru Kalex untuk persiapan Moto2 2019 dengan mesin MV Agusta. Nampak kondisi fisik Folger sudah kembali normal dan siap berkompetisi lagi. Akhirnya, kabar selanjutnya menyebut Folger akan direkrut Yamaha sebagai test rider 2019. Kita tunggu saja.

Advertisements