Menyisakan Cal Crutchlow Seorang, Masa Depan Pembalap Inggris Terancam!

ktm indonesia

Menyisakan Cal Crutchlow Seorang, Masa Depan Pembalap Inggris Terancam! Di usianya yang telah memasuki penghujung karir, Cal Crutchlow, mengaku tengah gundah gulana. Lho, kenapa dengan doi, bukannya baru saja mendapat tambahan kontrak setahun oleh Honda hingga akan bertahan di MotoGP hingga 2020? Iya, tapi bukan itu yang bikin pembalap 32 tahun itu gundah. Ia mengaku pesimis dengan masa depan Inggris di MotoGP!

O… soal pembatalan balapan GP Inggris kemarin saat Silverstone gagal melangsungkan balapan? Bukan juga, tapi ini soal talenta-talenta negaranya yang suram, khususnya di kelas MotoGP. Musim ini, Inggris memiliki 3 pembalap di starting grid reguler MotoGP, namun musim depan jika tidak ada tambahan pembalap Inggris lain yang naik kelas, maka hanya tinggal Crutchlow seorang di MotoGP.

Bradley Smith

Dua kompatriotnya musim ini, Bradley Smith dan Scott Redding didepak oleh timnya masing-masing musim depan. Dengan serbuan rookie dari Moto2, Smith dan Redding ‘tidak laku’ lagi di mata tim-tim MotoGP. Paling banter adalah keduanya akan direkrut sebagai pembalap penguji oleh tim-tim pabrikan, seperti Smith yang tengah diincar Yamaha dan Aprilia seperti yang dilansir motorsport.com (31/8/2018). Itupun masih belum official.

“Saya berteman baik dengan Smith, saya adalah pendukungnya, saya pikir ia tampil baik di MotoGP. Sayangnya, Ia tidak cukup kencang pada dua atau tiga balapan musim ini, di mana ia harus tampil cepat. Jika Anda tidak kencang di saat yang tepat, sekitar dua atau tiga balapan, persaingan di sini sangat kejam,” ungkap Crutchlow mengomentari nasib kompatriotnya itu.

Keresahan Crutchlow makin menjadi setelah melihat kelas Moto2 atau Moto3. Di kelas ‘pembinaan’ untuk menuju MotoGP itu, tidak ada pembalap Inggris yang tampil superior layaknya Alex Marquez (Spanyol), Miguel Oliveira (Portugal), Fancesco Bagnaia (Italia) di Moto2 atau Marco Bezzecchi (Italia), Jore Martin (Spanyol).

pembalap inggris john mcphee
John McPhee

Bahkan, di Moto3 hanya ada satu pembalap Inggris di sana yakni John McPhee yang kini menempati peringkat 15 championship. Di kelas Moto2 pembalap Inggris yang terdaftar adalah eks pembalap MotoGP, Sam Lowes (peringkat 12) dan Danny Kent (peringkat 23). Danny Kent sempat menjadi buah bibir ketika sukses menjadi juara dunia Moto3 tahun 2015, tapi pasca naik kelas ke Moto2 setahun kemudian karir Kent meredup.

pembalap inggris danny kent
Danny Kent

Sebenarnya Dorna tidak tutup mata dengan fenomena ini. Mereka sudah membantu Inggris melahirkan bakat-bakat besar di dunia balap grand prix melalui ajang balap British Talent Cup. Tapi, hingga kini belum ada nama berbakat lahir dari ajang tersebut. Crutchlow sendiri paham bahwa mencetak talenta-talenta muda calon pembalap grand prix papan atas tidaklah mudah dan butuh waktu sangat panjang.

Crutchlow sendiri bingung harus membantu dengan cara apa. Dirinya sudah menawarkan sumber daya dan sumber dana untuk membantu. Ia akan mengajak Dorna dan Honda untuk merealisasikan niatnya itu.

Tiru Rossi

Hemm… sebenarnya kalau Crutchlow mau Ia bisa meniru langkah Valentino Rossi saat ini. Memasuki penghujung karirnya, Rossi merasa terpanggil untuk mencetak pembalap-pembalap muda Italia sebagai penerusnya. Maka, Ia kemudian mendirikan VR46 Academy tahun 2006-2007. Dan hingga kini ‘sekolah’ balap Rossi itu sudah mulai menunjukkan hasil. Nama-nama pembalap seperti Franco Morbidelli kini sudah di kelas para raja. Tahun depan menyusul Pecco Bagnaia. Di kelas Moto2 nama Luca Marini makin matang di atas trek, di kelas Moto3 ada Marco Bezzecchi yang kini tengah bertarung di zona titel juara.

Bagaimana Cal?

pemblp inggris cl cruthclow
Cal Crutchlow

 

Advertisements