Sulit Tembus Top 10, Morbidelli Sebut Tim Pabrikan Sangat Kuat!

Franco Morbidelli nampak kesulitan menembus 10 besar di musim debutnya di kelas MotoGP musim ini. Ia mengaku tim-tim pabrikan tampil sangat kuat sepanjang musim 2018. Padahal, Morbidelli berstatus juara dunia Moto2 saat naik kelas.

Ditambah performa Johann Zarco di musim debutnya tahun lalu ketika mampu ‘mengacak-acak’ pembalap-pembalap pabrikan di baris depan, rasanya apa yang dilakukan Morbidelli musim ini tidak berkelas. Praktis, hingga 12 seri berlangsung, Morbi hanya bersaing dengan sesama rookie dan pembalap tim independen.

Morbi mengakui tim-tim pabrikan ‘kelas 2’ seperti KTM, Aprilia dan Suzuki ternyata sangat konsisten mengisi top 12, ketika top 10 dikuasai pembalap tim utama seperti Yamaha, Honda dan Ducati, serta tim satelit dengan motor pabrikan macam LCR Honda dan Pramac Racing.

“Kami sedikit tidak beruntung, karena level motor pabrikan tahun ini sangat luar biasa, semua motor pabrikan, dari Ducati sampai KTM dan Aprilia, kami sedikit tidak beruntung dalam hal itu,” ungkap Morbidelli kepada motorsport.com (2/9/2018).

“Tahun ini semua pabrikan sangat kuat, dan sulit ditaklukkan. Saya tidak hanya membicarakan Honda, Ducati, atau Yamaha. KTM, Aprilia, dan Suzuki juga sangat kencang, sangat susah menembus 12 besar,” tambah murid Rossi itu.

Dari lama resmi kejuaraan, motogp.com (3/9/2018), Franco Morbidelli kini menduduki peringkat 17 dari 24 pembalap reguler MotoGP. Dari deretan 5 rookie musim ini, torehan Morbidelli hanya kalah dari Hafiz Syahrin. Hingga seri ke-12 Silverstone, dimana balapan dibatalkan, poin Morbi adalah 22 (Syahrin 24) dengan prestasi tertinggi finish ke-9 di Jerez awal tahun. Selebihnya, Morbi harus berkutat di top 15 dengan dua kali di luar top 15 dan dua kali tidak ikut balapan karena cedera.

Musim depan, Morbi akan bergabung dengan Petronas Yamaha yang mengambil alih manajemen Angel Nieto Team untuk menjadi tim satelit Iwata. Morbi akan mendapatkan YZR-M1 spek A yakni motor yang sama dengan yang digunakan Vinales dan Rossi di tahun yang sama.

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Target Untuk Franco Morbidelli Di Tim Satelit Yamaha Musim Depan, Bisa Dong! | | rideralam.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.