KTM Persilahkan Mika Kallio Pergi!

ktm indonesia

Mika Kallio adalah pembalap tes atau test rider KTM yang saat ini tengah berada di periode kelam usai cedera yang memaksanya harus absen menguji RC16. Kualitas Kallio sebagai pembalap penguji sudah teruji ketika mengembangkan RC16 sehingga ada yang berpendapat mengapa pembalap Finlandia itu tidak bergabung dengan tim sehingga bisa membalap dengan reguler.

Minimal bisa bergabung dengan tim satelit jika kursi di pabrikan terasa jauh. Tapi, nyatanya hingga kini Kallio masih setia sebagai pembalap penguji. Apakah ini karena KTM melarangnya?

Menanggapi hal itu, KTM buka-bukaan soal Kallio. Pabrikan Austria itu ternyata tidak pernah melarang atau menahan keinginan Kallio untuk membalap secara reguler. Bahkan, KTM Motorsports Director, Pit Beirer justru mendorong Kallio untuk melakukannya. Tapi, sayang hal itu tidak terwujud.

“Dengan Mika, kami melakukan pembicaraan yang sangat jujur dan kami mengatakan kepada dia, ‘Jika ada kesempatan Anda bisa berkendara untuk tim balap, mungkin Anda harus benar-benar melakukannya’, karena dia memiliki semangat, itu luar biasa,” tutur Beirer kepada motorsport.com (4/9/2018).

Yes, Beirer sudah memberinya kesempatan selebar-lebarnya untuk Kallio mengembangkan karirnya. Menjadi pembalap reguler tentu dambaan para pembalap, tak terkecuali Kallio. Tapi, jika itu masih belum terjadi dan nasib menentukan dirinya sebagai pembalap penguji, maka Kallio harus menerima takdirnya.

“Tetapi jika Anda tidak mendapatkan tempat untuk balapan di suatu tempat, maka tolong terimalah bahwa Anda adalah seorang pembalap tes,” tambah Beirer.

Walau ‘hanya’ sebagai pembalap tes, Kallio tetap terus mendapat support dari KTM misalnya dengan memberinya jatah wild card untuk turun balapan di beberapa seri. Sebenarnya sejak GP Jerman lalu, Kallio mendapat peluang besar untuk turun membalap di 2-3 seri, pasalnya sang pembalap reguler, Pol Espragaro tengah cedera. Sayang, kesempatan itu menguap karena Kallio sendiri justru juga bergelut dengan cedera. Apes! Untuk case ini, KTM akhirnya memilih Loris Baz sebagai penggantinya.

Rookie of the Year

Mika Kallio sebenarnya pernah tampil sebagai pembalap reguler di MotoGP. Hal itu terjadi di tahun 2009 dan 2010 ketika Ia bergabung dengan Pramac Racing. Bahkan, Ia pernah menggantikan posisi Casey Stoner di tim pabrikan Ducati ketika pembalap Australia itu bermasalah dengan kesehatannya. Di klasemen akhir Kallio mengoleksi 71 poin dan berada di posisi 15. Gelar Rookie of The Year sukses digaetnya. Pramac kemudian mengganjarnya dengan kontrak setahun lagi.

Sayang, di musim keduanya itu Kallio mengalami kesulitan. Sang partner, Aleix Espargaro terus memberinya tekanan berkat hasil yang minimal menyamainya, bahkan seringkali lebih baik. Alhasil, Kallio hanya menghuni posisi 17 dengan 43 poin. Makin buruk saat cedera memaksanya absen di dua seri pamungkas musim itu. Hasil minor itu membuat karir Kallio di kelas primer amblas. Ia kemudian menjalani karir selanjutnya di kelas Moto2 hingga akhirnya tahun 2016 KTM mengangkatnya kembali ke MotoGP namun sebagai test rider.

Nampaknya, Kallio memang sudah ditakdirkan jadi pembalap tes di MotoGP nih hehehehe…

 

Advertisements