Peran Baru Bradley Smith dan Jonas Folger di MotoGP 2019!

MotoGP 2019 masih tahun depan digelar, tapi kabar seputar pembalap yang akan berlaga di kompetisi balap motor prototype itu sudah berseliweran sejak musim ini. Salah satu kabar terbaru adalah dari dua nama berikut, Bradley Smith dan Jonas Folger. Keduanya dipastikan akan terlibat di MotoGP 2019!

Bradley Smith Bertahan

Pembalap asal Inggris ini merupakan runner up kelas 125cc tahun 2009 saat tergabung bersama tim Aspar dengan motor Aprilia RSA 125. Itulah prestasi terbaik sang pembalap sejak melakoni debut balap grand prix tahun 2006. Dan, musim depan Ia dipastikan tidak diperpanjang kontraknya oleh KTM setelah tim asal Austria itu merekrut Johann Zarco yang akan diduetkan dengan Pol Espargaro.

Namun, Smith yang punya target menjadi pembalap reguler MotoGP kembali tahun 2020, masih akan berkecimpung di MotoGP 2019 dengan peran lain sebagai pembalap penguji alias test rider.

Ya, dikutip dari tmcblog.com (7/9/2018), pria Inggris kelahiran 27 tahun silam itu telah resmi direkrut oleh Aprilia sebagai pembalap penguji tim asal Italia itu untuk musim 2009. Ia akan mengembangkan RS-GP sebagai kuda besi andalan Aprilia di MotoGP.

Memang, pembalap penguji bukanlah pembalap reguler yang bisa tampil rutin balapan sesuai jadwal MotoGP, namun dengan menjadi test rider, Smith masih bisa menjaga feel kompetisinya sebab Ia akan mendapatkan jatah wild card untuk turun membalap di musim berjalan, sembari melakukan pengujian dan pengembangan motor.

Dan Aprilia memberikan kesempatan itu di musim depan, sesuatu yang akan sulit diperoleh jika Ia bergabung dengan KTM. Pasalnya, mulai musim depan kebijakan KTM adalah mempersempit ruang bagi test rider mereka untuk mendapatkan wild card. Ya, mulai musim 2019 KTM memposisikan seorang test rider ‘hanya’ sebagai orang yang menguji motor dan mengembangkannya!

Welcome Back, Jonas Folger!

Beberapa waktu lalu saat Yamaha melakukan tes privat di Aragon, nampak hadir di tribun penonton eks pembalap mereka di tim satelit Tech 3 tahun lalu, Jonas Folger. Silahkan baca lengkap. Spekulasi merebak bahwa Yamaha akan merekrut pembalap Jerman itu ke dalam tim di musim 2019 nanti.

Akhirnya, spekulasi itu telah resmi menjadi fakta bahwa memang benar Jonas Folger akan menjadi pembalap penguji Yamaha mulai musim 2019 nanti. Yes, Folger menjadi pembalap pertama yang bergabung ke dalam super test team Yamaha di Eropa, salah satu dari beberapa kebijakan baru Yamaha musim depan.

RA mengetahui kabar ini pertama kali dari laman tmcblog.com (7/9/2018) yang katanya berasal dari Massimo Maregalli, Team Manager Movistar Yamaha MotoGP yang berhasil dikorek oleh Simon Craffar. Tentu ini menjadi kabar bagus bagi Yamaha dan Folger.

Yamaha mendapatkan pembalap berkualitas yang sudah kenal dengan YZR-M1 sehingga bisa langsung optimal memanfaatkan jasanya untuk mengembangkan motor. Folger memang pernah semusim menunggangi M1 saat bergabung bersama Zarco di Tech 3 musim lalu, namun sebuah penyakit memaksanya ‘pensiun dini’ kala itu saat musim masih menyisakan 4 seri.

Bagi Folger sendiri, peran sebagai test rider Yamaha bisa menjadi batu loncatan untuk kembali menjadi pembalap reguler MotoGP di masa mendatang. Sebagai test rider, jatah wild card untuk turun di beberapa seri di musim berjalan bisa diperolehnya. Lumayan, untuk melatih dan mengembalikan feel berkompetisi setelah lama vakum.

Yang unik, kedua pembalap merupakan eks pembalap tim satelit Yamaha. Smith 4 musim membela Tech 3 di periode 2013-2016, sedangkan Folger di edisi 2017 juga dengan Tech 3.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.