Tidak Hanya Di Indonesia, Yamaha Juga Ditiru Honda & Ducati Di MotoGP, Hasilnya Juga Lebih Bagus!

Judulnya terkesan provokatif namun memang kenyataannya performa brilian Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo dengan Ducati Desmosedici GP18 serta Marc Marquez dengan RC213V ada ‘peran’ Yamaha M1 di sana. Jika di tanah air, produk-produk Yamaha sering menjadi trend setter, namun kemudian dikalahkan Honda yang melakukan jurus ATM, ternyata di MotoGP juga kurang lebih serupa hahahaha…

Yamaha M1 selama ini memang dikenal sebagai motor yang paling mudah dijinakkan dan dikendalikan. Hal itu bisa terjadi karena karakter mesin inline 4 silinder yang lembut.

Masuknya Rossi di tahun 2004 membawa inovasi baru menggabungkan inline 4 silinder dengan mesin big bang (crossplane), dimana sistim urutan pengapian dipadu dengan counter rotating crankshaft.

Hasilnya, Rossi dan Lorenzo silih berganti meraih trofi tertinggi di MotoGP. Di saat bersamaan, Ducati dan Honda memiliki masalah dengan agresivitas mesin V4-nya.

Ducati selama ini dikenal sebagai motor celeng, output power beringas namun susah dikendalikan saat belok. Honda pun kurang lebih sama, sehingga prestasi mereka lebih dikarenakan faktor pembalap ‘alien’ atau dengan kemampuan luar biasa.

Hadirlah sosok Casey Stoner di Ducati tahun 2007 dengan titel juara dan Marc Marquez yang kini terus mendominasi.

Kini, Ducati dan Honda telah mengalami kemajuan pesat. Mesin V4 mereka makin sulit ditandingi berkat mesin V4 yang dipadu dengan firing order big bang dan crankshaft counter-rotating.

Dengan kata lain, karakter beringas mesin V4 bisa dijinakkan dengan konsep yang serupa dengan yang digunakan Yamaha M1. Komplit, power masih spektakuler, cornering makin nyaman. Hasilnya, Ducati dan Honda bergantian juara di musim ini.

Ironisnya, Yamaha justru memasuki periode kelam mereka sepanjang sejarah kejuaraan balap grand prix yakni 22 seri sudah dilalui tanpa kemenangan, satu seri lagi akan menjadi rekor baru pabrikan Iwata.

Sumber: crash.net, ridertua.com

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.