Jelang MotoGP Aragon, Marquez ‘Persilahkan’ Ducati Menang Terus!

Musim balap MotoGP tahun ini sudah memasuki zona akhir pertarungan. Ada sisa 6 seri dengan poin maksimal bisa direbut 150 poin. Di sisi lain, seorang Marc Marquez sudah unggul 67 poin dari peringkat di bawahnya, Andrea Dovizioso. Jelas, memasuki seri ke-14 Aragon akhir pekan ini, sang juara bertahan punya keuntungan jauh di depan para rival. Lalu, apakah Marquez bisa santai?

Bisa saja santai dalam artian tidak usah menargetkan kemenangan, cukup selalu naik podium saja sudah bisa mengunci gelar juara. Biarkan saja Dovizioso memenangi enam seri tersisa, atau jika Jorge Lorenzo juga masuk hitungan, Marquez justru makin diuntungkan andaikan keduanya silih berganti menjadi pemenang. Makin mudah saja merengkuh gelar ke-6 di kelas primer.

Tapi, untuk tidak santaipun, dan RA yakin ini opsi yang dipilih, Marquez juga tidak masalah. Selama ini, khususnya sejak musim lalu seorang Marquez tidak lagi menjadi pembalap harus menang, tapi Ia makin dewasa menyikapi sebuah kompetisi panjang dimana kemenangan tidak menjamin juara jika di balapan lainnya harus beresiko besar untuk crash dan kehilangan poin.

Dalam sebuh komentar yang dikutip dari crash.net (18/9/2018), Marquez menunjukkan bahwa menang di sisa musim tidak lagi menjadi prioritas utama. Biarkan rival bertarung memperebutkan itu, Ia cukup naik podium.

“Jika mereka mendapatkan keunggulan 5 poin setiap balapan, tidak masalah,” kata Marquez setelah menjadi runner-up Dovizioso di Misano.

Tapi, bukan berarti Aragon akan dilepas begitu saja boleh Marquez. Ini balapan kandang, home race, dengan dukungan puluhan ribu suporter, tentu memberikan mereka hadiah sebuah kemenangan akan menjadi nilai setimpal dan membuat cinta kasih mereka untuknya makin besar.

Apalagi, Aragon merupakan trek favorit Marquez sejak menjalani balapan grand prix. Sudah 4 kali Ia menang di sana, masing-masing sekali di tahun 2011 saat masih di kelas Moto2 dan tiga kali di kelas primer tahun 2013, 2016 dan 2017 lalu.

Bahkan, motivasi Marquez makin berlipat di Aragon akhir pekan nanti setelah Ia mendapat penghormatan dengan menjadikan namanya sebagai nama salah satu tikungan di sana yakni tikungan ke-10. Tentu, kehormatan itu ‘harus’ dibalas dengan raihan maksimal, kemenangan!

Yamaha? Ah, kali ini pertarungan masih akan terjadi antara Marquez vs Ducati!

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.