Lisensi Balap Grand Prix Untuk Juara Redbull MotoGP Rookies Cup, Makin Dekat Ke MotoGP!

Red Bull Rookes Cup Race, San Marino MotoGP, 8 September 2018

Cak, ajang balap rookie MotoGP yang dihelat Dorna dengan sponsor utama minuman berenergi Red Bull, makin menunjukkan eksistensinya sebagai kawah candradimuka bagi pembalap-pembalap muda dengan mimpi berlaga di MotoGP. Ya, akhirnya juara RedBull MotoGP Rookies Cup makin dekat untuk bersaing ke ajang MotoGP.

Pada pertemuan yang diadakan di Assen, Komisi Grand Prix memutuskan bahwa pemenang Red Bull MotoGP ™ Rookies Championship berhak untuk menerima lisensi balap Grand Prix FIM, berlaku untuk Kejuaraan Dunia Moto3, bahkan jika usia sang juara di bawah 16. Sebab, Komisi Grand Prix akhirnya mengubah regulasi bahwa batas minimal pembalap mendapatkan lisensi balap adalah 15 tahun.

Peraturan Grand Prix Kejuaraan Dunia FIM telah diperbarui. Namun, dalam siaran pers yang mengumumkan keputusan ini, secara salah diindikasikan bahwa keputusan itu mulai berlaku sejak musim 2019. Sebab, Komisi ingin menyatakan dengan cara klarifikasi bahwa, jika pembalap telah memenangkan Kejuaraan dan telah diberikan lisensi FIM, ia memenuhi syarat untuk berkompetisi dalam kompetisi Grand Prix yang terkait, termasuk di musim 2018.

RedBull MotoGP Rookies Cup musim ini telah menjadi milik Can Oncu. Pembalap muda asal Turki itu memimpin klasemen dengan 221 poin unggul 79 poin dari peringkat 2, Filip Salac dari Ceko. Dengan menyisakan dua race di Aragon musim ini, poin kembaran Deniz Oncu itu sudah tak terkejar.

So, bukan tidak mungkin dengan regulasi anyar di atas, Can Oncu yang menunjukkan performa luar biasa musim ini dimana selalu naik podium dengan rekor 5 kemenangan, 4 runner up dan 1 podium tiga, akan dilirik tim-tim Moto3 sebagai regenerasi mereka.

Red Bull Rookes Cup Race, San Marino MotoGP, 8 September 2018
Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.