Crutchlow Kesal Honda Masih Prioritaskan Pedrosa, Koq Bisa?

ktm indonesia

Kendati sudah menyatakan undur diri alias pensiun, Dani Pedrosa masih mendapatkan perhatian dari Honda. Bahkan, untuk pengembangan atau riset komponen baru sekalipun, Pedrosa masih mendapatkannya. Hal inilah yang membuat Cal Crutchlow kesal.

Pembalap Inggris itu tidak puas dengan perlakuan Honda yang masih memprioritaskan Pedrosa, kendati si little spaniard akan pensiun akhir musim ini.

Ya, Honda ternyata memberikan swingarm baru buat Pedrosa di Misano akhir pekan lalu, sehingga bisa fiish ke-6 di race. Hal itulah yang membuat kesal Crutchlow.

“Ia kesal dengan situasi ini, pembalap lain mendapatkan komponen baru akhir pekan ini, sementara saya tidak. Saya pantas mendapatkannya, kami telah melakukan pekerjaan bagus tiap akhir pekan,” ucap Crutchlow menyinggung kekecewaan Lucio Checchinelo, bos LCR, seperti dikutip dari motorsport.com (22/9/2018).

“Saya perlu menghawatirkan Dani saat balapan, Honda lebih mendukungnya akhir pekan ini. Tampaknya mereka memberinya komponen baru lebih dulu, sebelum memberinya kepada saya,” keluh Crutchlow.

Poin Tim

Sebenarnya, apa yang dilakukan Honda masih wajar dan normal, walau di beberapa kasus pembalap yang sudah memastikan tidak memperkuat tim itu musim berikutnya akan diblok soal pengembangan motor. Namun, dalam kasus ini rasanya Honda (terutama Repsol Honda) masih punya kepentingan dengan keberadaan Pedrosa. Apa itu, klasemen tim!

Yes, untuk gelar juara kategori pembalap, Honda masih aman dengan keunggulan 67 poin Marquez dari rival terdekatnya, namun di klasemen tim, Repsol Honda tidak aman kendati masih memimpin. Repsol kini mengumpulkan 297 poin, hanya unggul 13 poin saja dari Ducati Team dan 22 angka dari Movistar Yamaha.

Selisih yang bisa dipangkas sangat cepat jika melihat performa Duo Ducati yang terus menggila. Yamaha masih bisa diabaikan, Ducati adalah ancaman nyata. Seperti kita ketahui, poin tim diperoleh dari nilai pembalap finish terbaik dijumlahkan dengan pembalap setim finish terburuk. Jadi, andaikan Marquez finish pertama (25 poin) dan Pedrosa finish ke-15 (1 poin), maka akan kalah dengan poin Ducati jika kedua pembalapnya naik podium semua (20 poin + 16 poin).

So, tugas Honda adalah mendorong Pedrosa untuk terus kompetitif di sisa kontraknya untuk membantu Repsol Honda meraih titel juara dunia tim. Apalagi, Pedrosa pensiun, bukan pindah tim yang lebih beresiko membocorkan pengembangan motor, jadi Crutchlow seharusnya mengerti. Walaupun apa yang membuat dia kesal juga bisa dimengerti.

Advertisements

1 Comment

  1. Ya wajar honda mendukung pedrosa kan statusnya masih pembalap pabrikan keluar dari tahun depan dia akan pensiun. Jadi itu profesionalisme.

Comments are closed.