Hasil World SSP300 Prancis: Carrasco Cetak Sejarah, Galang Hendra ke-15!

ktm indonesia

Usai sudah ajang balap World Supersport 300 (WSSP300) musim ini. Seri Prancis menjadi penutup dari delapan seri musim 2018. Dan, gelar juara akhirnya direbut oleh pembalap wanita penunggang Kawasaki Ninja 400, Ana Carrasco. Kendati hanya finish ke-13 di Magny-Cours, Ana mampu mengunci gelar berkat kegagalan rival terdekatnya memenangi balapan.

Sebenarnya, sepanjang balapan Carrasco, yang hanya unggul 10 poin di klasemen dari rival terdekatnya Scott Deroue, nyaris kehilangan harapan untuk juara. Deroue selalu unggul di depan, sedangkan Ia harus terlempar dari posisi 20 besar di awal race.

Apes bagi Derous, ketika tengah bertarung memperebutkan posisi pertama dengan Mika Perez, mesin Ninja 400 miliknya mengalami masalah dan memaksanya berhenti lebih awal. Namun, Carrasco tidak serta merta nyaman dengan posisinya. Kini, saingan terdekatnya justru Perez.

Perez yang diklasemen hanya tertinggal 18 angka berpeluang menikung titel jika mampu menang. Sementara itu, Carrasco masih berkutat di posisi 13. Jika Perez menang, Carrasco masih posisi 13, maka Perez yang akan juara. Tapi, nyatanya keberuntungan Carrasco datang kedua kalinya.

Ketika kemenangan di depan mata, Perez justru takluk dari Daniel Valle yang menunggangi Yamaha R3. Alhasil, Perez hanya finish kedua alias menambah 20 poin saja, sedangkan Carrasco finish ke-13 alias menambah 3 poin. So, di klasemen akhir pembalap wanita asal Spanyol itu akhirnya unggul tipis 1 angka dan berhak menjadi juara WSSP300 musim 2018 sekaligus mencetak sejarah sebagai pembalap wanita pertama yang menjuarai kejuaraan balap motor dunia.

Galang Hendra Finish ke-15

Sementara itu, pembalap Indonesia Galang Hendra yang start dari posisi 9 harus bersusah payah untuk finish di zona poin (top 15). Ia bahkan sempat terperosok ke posisi 18 sebelum akhirnya menutup balapan di posisi 15. Tambahan 1 poin membuat pembalap Biblion Yamaha itu mengoleksi 53 poin dan menempati peringkat 10 klasemen akhir. Posisi ini meleset dari target 3 besar di awal musim yang dicanangkan.

Tapi, kita tetap patut bangga karena musim ini Galang Hendra mampu mengulang sukses musim lalu yakni memenangi seri WSSP300 tepatnya di seri Brno. Mengulang kemenangan fantastis musim lalu saat masih sebagai pembalap wild card ketika di seri terakhir di Jerez sukses mengibarkan bendera merah putih di puncak tertinggi.

 

Advertisements