Michelin Siapkan Ban Khusus MotoGP Thailand, 4 Pilihan Ban Asimetris!

ktm indonesia

Jelang Grand Prix Thailand yang akan menjadi debut negeri Asia Tenggara itu di balap MotoGP akhir pekan ini, produsen tunggal ban untuk musim ini, Michelin, mengaku telah menyiapkan ban khusus bagi para pembalap. Ban tersebut khusus dibuat untuk trek Buriram berdasarkan data tes pramusim Februari lalu. Kondisi ini mirip dengan yang dilakukan Michelin di Australia dan Austria.

Diansir dari crash.net (1/10/2018), Michelin menyiapkan ban belakang dengan banyak pilihan. Akan ada 4 pilihan ban belakang untuk tipe slick (trek kering) yang khusus dikembangkan untuk trek Chang International Circuit berdasarkan data Februari lalu dimana temperatur trek sangat tinggi. Kira-kira mirip Sepang lah.

Kompon ban tersebut akan dibagi menjadi tipe soft, medium dua jenis dan hard. Untuk desain rencananya akan dibuat asimetris dimana bagian kanan akan lebih tebal dari kiri sesuai dengan lay out tikungan Chang yang lebih banyak ke kanan (7 kanan, 5 kiri).

“Kami memiliki tes pramusim di Buriram dan mendapat beberapa informasi yang sangat berharga. Kami telah membawa ban khusus untuk balapan ini yang sengaja dirancang untuk trek ini – sama seperti yang kami lakukan di Austria dan Australia, karena ini adalah sirkuit yang sangat tidak biasa dan memerlukan ban khusus,” beber Manajer Michelin Motorsport Divisi Roda-Dua, Piero Taramasso.

Dengan regulasi saat ini dimana banyak batasan diterapkan Dorna untuk sisi mekanis motor serta elektronik yang sama, ban memang sering menjelma menjadi faktor penentu hasil akhir balapan. Khusus seri Thailand ini akan menarik, selain karena ban khusus yang disiapkan, balapan kali ini akan menjadi yang pertama bagi sebagian besar pembalap dalam suasana kompetitif.

Dari catatan RA, hanya ada satu pembalap yang telah rutin balapan di Buriram ini sejak 2015 silam yakni Jordi Torres, yang berkompetisi di Superbike. Tentu saja ini adalah keuntungan bagi pembalap Avintia itu, setidaknya bisa memahami trek lebih baik dibanding pembalap lain. Namun, tentu saja itu sebuah keuntungan baginya walau tentu saja tidak berarti akan mudah menaklukkan pembalap lainnya.

Advertisements