Kualifikasi MotoGP Thailand: Marquez Sabet Pole dari Q1, Yamaha Bangkit

Harus melalui Q1 dulu, Marc Marquez tidak terbendung untuk meraih pole position di MotoGP Thailand usai menjadi yang tercepat di Q2. Sementara itu, Yamaha nampak menunjukkan kebangkitan dengan menempatkan Valentino Rossi di posisi kedua.

Marquez harus melalui Q1 dulu setelah di kombinasi FP1-FP3 hanya menempati posisi 11. Namun, di Q1 inilah Ia kemudian menunjukkan hasil luar biasa. Selain menjadi yang tercepat, catatan waktu yang dibuatnya yakni 1:30,031 menjadi rekor lap sirkuit. Ia ditemani Alex Rins dari Q1.

Di Q2, Marquez dan Rins bergabung dengan 10 pembalap teratas di kombinasi FP1-FP3 yang dipimpin Andrea Dovizioso.

15 menit sesi Q2 dibuka dengan catatan waktu Maverick Vinales yang mencapaiĀ 1:30,871. Langsung menembus waktu di bawah 1 menit 31 detik. Catatan itu kemudian dipertajam Marquez denganĀ 1:30,528. Dovizioso naik ke posisi dua menggeser Vinales.

Dan, seperti biasa 5 menit terakhir biasanya digunakan para pembalap untuk time attack. Hasilnya di sisa 2 menit motor biru #46 melakukan flying lap dan boommm… mencetak 1:30,099 langsung melesat ke posisi pertama. Ketika nampaknya itu akan menjadi best laptime sesi ini, kemudian hadir Marquez dengan 1:30,088 menggeser the doctor.

Dovi yang mencoba lebih cepat akhirnya hanya mencetak 1:30,227 dan menempati posisi 3. Marquez-Rossi-Dovi akan start di baris pertama.

Baris kedua dipimpin Vinales. Heemm… apakah ini tanda-tanda kebangkitan Yamaha? Semoga! Vinales mencetak best laptimenya 1:30,328 di detik-detik akhir sesi. Ia unggul 0,028 detik dari posisi keempat Cal Crutchlow dan Andrea Iannone melengkapi deretan baris kedua.

Dani Pedrosa, Johann Zarco dan Dani Petrucci di baris ketiga. Baris keempat ditempati Jack Miller, Alex Rins dan Alvaro Bautista.

Rookie dengan hasil kualifikasi terbaik adalah Franco Morbidelli di posisi 13 tepat di depan rookie lainnya, Takaaki Nakagami. Hafizh Syahrin yang belum mampu menambah poin di 3 balapan terakhir akan start di posisi 18. Jordi Torres sebagai pengganti Tito Rabat sukses menghindari posisi buncit dan akan start dari posisi 21.

Tidak ada nama Jorge Lorenzo di timesheet kualifikasi karena memang sang pembalap akan absen di balapan besok usai mengalami kecelakaan hebat di FP2 Jumat.

 

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.