Selamat Datang MT-15 di Keluarga MT Series!

ktm indonesia

Yamaha Thailand baru saja merilis Yamaha MT-15 yang menjadi pengganti Yamaha M-Slaz. Mengusung nama MT, desain MT-15 keseluruhan memang sangat ‘MT banget’. Tanpa melihat namanya, kemudian sampeyan melihat MT-15 ini, maka dugaan pertama pasti akan mengarah ke klan MT. Apa sih ciri khas desain MT series?

Bisa dibilang, MT-15 adalah facelift dari Xabre. Facelift besar-besaran baik dari sisi penamaan, konsep, desain hingga jeroan alias mesin. Bisa juga dikatakan Xabre tidak akan ada lagi generasi penerusnya, ya MT-15 ini selanjutnya.

Bicara desain, jika sampeyan lihat MT-15 pasti akan setuju jika motor ini benar-benar segaris dengan desain klan MT lainnya. Ada tiga ciri desain klan MT menurut penerawangan saya, apa saja?

 

Pertama adalah shorud. Motor-motor MT series memiliki shroud yang padat dan berisi. Jadi, motor terlihat lebih berotot. Silahkan bandingkan dengan shroud dari Vixion dan Xabre yang tipis dan lebih sebagai aksesoris saja. Shroud MT-15 menunjukkan identitas klan MT. Gambar berikut adalah MT-09.

Sama bukan shroudnya? Shroudnya ada dua, yang atas lebih menggembung dengan kisi-kisi udara di dalamnya, sedangkan shroud kedua lebih sebagai pelindung radiator.

Kedua adalah buritan. Desain buritan MT-15 semi buntung, ini juga adalah khas klan MT. Dengan tambahan spatbor belakang yang sporty dan memanjang, MT-15 benar-benar sangar. Buritan motor-motor MT series terlihat tidak terlalu meruncing, beda halnya dengan buritan Xabre yang cenderung sharpest.

Ketiga adalah desain keseluruhan. Susah dijelaskan mendetil, tapi dari pandangan saya desain keseluruh motor klan MT khas banget. Dari depan headlamp cenderung menunduk, kemudian tangki terlihat kekar dan besar dengan kirsi-kisi radiator juga besar dan disempurnakan dengan desain buritan yang semi buntung.

Dengan kata lain, jika sampeyan lihat MT-15 (anggap saja belum tahu nama motornya) pasti akan langsung menduga itu adalah klan MT series. Imho.

Advertisements