YZR-M1 Motor Siluman?

Motor siluman? Motor sakti? motor setan? atau jangan-jangan motor dengan kemampuan berubah-ubah sendiri? Nyatanya, di Thailand Yamaha M1 yang dikendarai Valentino Rossi dan Maverick Vinales memang berlaku bak motor siluman.

“Apa yang tidak masuk akal adalah bahwa motor telah meningkat tanpa kami mengubah apa pun,” beber salah satu otoritas di garasi Yamaha ketika menjelaskan kepada motorsport.com (9/10/2018).

Aneh bukan? Jadi kebangkitan Yamaha di trek Buriram akhir pekan lalu justru menyisakan misteri. Dengan kata lain, Rossi dan Vinales maupun pihak insinyur sama-sama angkat bahu ketika ditanya mengapa M1 bisa cepat di Thailand.

Tentu saja kejadian di atas membuat kebangkitan Yamaha di Thailand terasa semu. Bagaimana tidak, mereka tidak tahu apa penyebab M1 tiba-tiba sangat kompetitif di Chang International Circuit. Aneh bukan? Bagaimana bisa menganalisa kelebihan dan kekurangan jika sebelumnya mereka tidak melakukan ubahan apapun tapi motor bisa kencang.

Namun yang lebih buruk dari itu, tak seorang pun di dalam tim memahami bagaimana The Doctor nyaris pole position, atau bagaimana Vinales podium ketiga – selisih kurang dari 0,3 detik di belakang Marc Marquez

Padahal menurut kedua pembalap, Yamaha M1 yang mereka kendarai sama dengan seri-seri sebelumnya. Namun, ternyata jika ditelisik lebih detil, sebenarnya ada sedikit perbedaan dari sebelumnya, yakni di sektor ban, yaitu carcass ban belakang yang diperkenalkan Michelin, yakni lebih kaku.

Menurut Rossi, kompon ban Michelin yang baru di Thailand membantu motornya memperoleh grip belakang lebih baik dan akhirnya kesulitan berkurang. Analisa the doctor, peningkatan performa M1 di Thailand bisa karena dua hal, jenis trek dan grip aspal.

Last, satu-satunya cara untuk mengetahui apakah kebangkitan Yamaha di Thailand kemarin nyata atau hanya kebetulan bisa kita lihat di seri berikutnya di Motegi, Jepang. Jika kembali mampu bertarung di depan, maka memang benar mereka sudah bangkit, namun jika kembali terperosok seperti di Aragon, fixed Yamaha M1 adalah motor siluman hahahaha…

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.