Yamaha Telah Bangkit? Rossi Akan Buktikan di Motegi, Jepang!

ktm indonesia

Amburadul sepanjang musim, terutama paling parah selepas paruh musim, Yamaha seolah menemukan kembali ‘sesuatu’ yang hilang di Thailand. Walau belum mampu meraih kemenangan, podium ketiga Maverick Vinales dan finish keempat Valentino Rossi, dirasa menjadi peningkatan luar biasa, apalagi jika melihat balapan sebelumnya di Aragon dimana Rossi finish kedelapan, Thailand seperti cahaya. Namun, pertanyaan selanjutnya apakah memang benar Yamaha sudah bangkit?

Di Thailand, Vinales konsisten di 4 besar sejak latihan bebas Jumat, Rossi bahkan nyaris pole position sebelum akhirnya direbut Marc Marquez di detik-detik akhir sesi, menjadi gambaran performa Yamaha. Belum lagi saat balapan, Rossi sempat memberi perlawanan ketat terhadap Marquez dan Andrea Dovizioso, bahkan the doctor sempat memimpin race walau tidak lengkap satu lap, untuk kemudian akhirnya Vinales dan Rossi finish 3-4 di akhir race.

Secara hasil apa yang ditampilkan Rossi dan Vinales di Thailand memang meningkat, namun kekuatiran muncul saat keduanya tidak mampu menjelaskan dengan gamblang penyebab meningkatnya performa mereka. Belum lagi para insinyur Iwata yang juga bingung dengan perubahan M1, publik jadi bertanya-tanya, benarkah Yamaha sudah bangkit?

“Sejujurnya saya tidak tahu, seharusnya seperti ini tiap balapan. Tapi tampaknya tahun ini, berjalan sangat sulit,” ungkap Vinales usai balapan seperti dikutip dari motorsport.com (13/10/2018).

Rossi ikut berkomentar bahwa pembuktian kebangkitan Yamaha akan dimulai di Motegi dan dua seri setelahnya. “Kita akan lihat pada tiga [balapan berikutnya], bukan hanya di Jepang karena jika nyatanya kami telah meningkatkan motor, kami harus kompetitif pada tiga balapan sisa karena Honda dan Ducati selalu kuat pada tiap balapan,” ungkap Rossi.

Sejauh ini, Yamaha memang mulai fokus ke sektor elektronik. Salah satunya dengan merekrut Michael Gadda, ahli elektronik asal Italia yang telah membantu tim Yamaha WSBK hingga R1 kompetitif. Menunjukkan peningkatan performa di Thailand, The Doctor menjadikan Motegi sebagai ajang pembuktian bahwa M1 telah kembali kompetitif.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.