Jonathan Rea Atau Cal Crutchlow Pembalap Inggris Terbaik? Ini Data dan Faktanya!

ktm indonesia

Inggris saat ini memiliki sejumlah pembalap papan atas dunia di berbagai kompetisi. Jika kita kerucutkan ke kompetisi paling populer, MotoGP dan WorldSBK, setidaknya ada dua nama Englishman yang paling berkibar saat ini; Cal Crutchlow dan Jonathan Rea. Siapa yang terbaik dari keduanya?

Secara statistik, Rea adalah pembalap WorldSBK terbaik sepanjang masa. Ia telah meraih 69 kemenangan, 132 podium, dan empat gelar beruntun dari tahun 2015-2018. Cruthclow punya catatan statistik 3 kemenangan, 4 runner up, 4 pole position dan tanpa titel juara.

Sepintas jika melihat data statistik kedua pembalap di atas, Rea jauh mengungguli Crutchlow. Yang satu terbaik sepanjang masa termasuk 4 titel juara dunia, satunya baru 3 kali meraih kemenangan seri. Ibarat langit dan bumi. Namun, tentu saja tidak adil jika kita melihatnya hanya dari angka saja. Level persaingan di kompetisi juga harus dimasukkan dalam faktor pembanding. Semua sepakat, level MotoGP di atas WorldSBK.

Jangankan juara dunia, untuk sekedar memenangi sebuah balapan seri di MotoGP sulitnya gak karuan. Dan, Rea sendiri mengaku kagum dengan torehan kompatriotnya itu, Ia justru bangga bisa disejajarkan dengan pembalap LCR Honda itu.

“Saya sangat menghormati pencapaiannya, ia telah melakukan hal luar biasa. Ia merupakan salah satu pembalap tercepat di MotoGP, ia salah satu dari tiga atau empat besar. Terkadang, saya melihatnya dan merasa bisa melakukan lebih dari itu. Saya bisa lebih baik, saya tidak cemburu, saya [justru] bangga dengannya,” ujar Rea kepada motorsport.com (15/10/2018).

Nah, jika mau lebih fair sebenarnya keduanya harus bertarung di kompetisi balap yang sama dan motor yang sama. Namun, hal itu nampaknya masih belum akan terjadi lagi di musim depan. Lagi? yes, keduanya memang pernah bertarung head to head di WorldSBK musim 2010.

Kala itu, Jonathan Rea masih belum setenar saat ini, pun demikian dengan Crutchlow. Rea bergabung dengan Honda, Crutchlow dengan Yamaha. Hasilnya?

Menang – Rea 4; Crutchlow 3
Runner up – Rea 5; Crutchlow 1
Podium Tiga – Rea 1; Crutchlow 6
Rea beat Crutchlow 14 kali
Crutchlow beat Rea 11 kali

Beat di sini maksudnya hasil finish terbaik sepanjang musim.

Di Klasemen akhir, Rea sedikit unggul dari Crutchlow. Rea menduduki posisi 4, Crutchlow ke-5. Poin Rea 292, Crutchlow 284. Juara musim itu diraih Max Biaggi yang mengendarai Aprilia.

“Saya biasa membalap dan mengalahkan Cal, jelas lebih sering dari ia mengalahkan saya. Sekarang kariernya di MotoGP sangat cemerlang, saya bangga. Saya bisa bersaing dengannya, dan saat ini pencapaiannya sangat bagus,” tambah Rea.

Crutchlow boleh kalah dari Rea, namun pasca musim itu justru Crutchlow yang dilirik tim MotoGP, terbukti musim berikutnya Ia direkrut Yamaha Tech 3 untuk menjadi pembalap tim satelit Yamaha Factory. Ya, Crutchlow hanya semusim di WorldSBK.

Jadi, siapa pembalap terbaik Inggris menurut sampeyan, cak?

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Crutchlow tidak mau dibandingkan | rideralam.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.