Piala Asia U-19 2018: Witan dan Egi Bawa Indonesia Taklukkan Taiwan

ktm indonesia

Laga perdana Timnas Indonesia di Piala Asia U-19 berjalan mulus. Menghadapi Timnas Taiwan di Gelora Bung Karno, Kamis (18/10/2018), Egi Maulana Vikri dkk. sukses memberikan kemenangan. Kolaborasinya dengan Witan Sulaeman membawa garuda muda memimpin klasemen sementara Grup A.

Setelah kesulitan menembus pertahanan rapat Taiwan yang dikomando sang kapten, Hou Pin, garuda muda hanya bermain imbang tanpa gol di babak pertama. Namun, sejumlah peluang sempat diciptakan oleh anak asuh Indra Sjafri, namun rapatnya pertahanan Taiwan membuat semua peluang terbuang percuma.

Di babak kedua, agresivitas serangan ditingkatka. Hasilnya, di menit 50 Egi Maulana Vikri membuka keunggulan merah putih. Sepakan kaki kiri pemain Lechia Gdansk di Liga Polandia itu menghunjam pojok kanan bawah gawang Taiwan yang dijaga Li Guan Pei. Skor 1-0 hanya bertahan 3 menit.

Taiwan sukses menyamakan kedudukan melalui Wang Chung-Yu setelah menerima umpan matang dari sektor sayap kanan dan berhasil mencongkel si kulit bundar masuk ke gawang M. Riyandi.

Selepas gol penyama kedudukan tersebut, kendali permainan mulai diambil alih garuda muda. Beberapa peluang tercipta, namun kekurang-tenangan lini depan mengeksekusi peluang itu akhirnya gagal terjadi gol. Setelah pertandingan berjalan lebih dari sejam, Indonesia akhirnya kembali unggul.

Kali ini gol dicetak oleh Witan Sulaeman. Gol bermula dari sebuah tendangan bebas di sektor kanan pertahanan Taiwan yang dieksekusi M. Luthfi Kamal. Kemelut tercipta dan kemudian sukses dimanfaatkan Witan dengan sebuah sundulan. Skor 2-1.

Gol ketiga Indonesia lagi-lagi diciptakan oleh Witan. Berawal dari akselerasi Egi yang kemudian mengecoh penjaga gawang Taiwan, bola sodoran pemain bernomor punggung 10 itu sukses dikonversi menjadi gol ketiga oleh Witan.

Skor 3-1 menjadi skor akhir pertandingan kedua Grup A. Kemenangan ini membawa Indonesia memimpin klasemen sementara dengan nilai 3. Nilai yang sama dengan yang diraih UEA yang dilaga sore hari mengalahkan Qatar 2-1. Namun, keunggulan aggregat gol membawa Witan dkk berhak di puncak.

Laga kedua garuda muda akan dilangsungkan tanggal 21 Oktober menghadapi Qatar. Pertandingan penentu, jika menang Indonesia punya peluang besar lolos ke babak 16 besar sekaligus memulangkan Qatar dari turnamen.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.