Dovizioso Tercepat Hari Pertama MotoGP Jepang, Lorenzo Menyerah!

ktm indonesia

Cak, seluruh pembalap mulai menjalani rangkaian MotoGP Jepang dimulai dengan sesi latihan bebas Jumat (19/10/2018). Rekor laptime Motegi adalah 1:43,790 oleh Jorge Lorenzo ditahun 2015 silam.

Free Practice 1

Awal sesi, seperti biasa Marc Marquez langsung mencetak laptime tercepat 1:46,187 diikuti Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow. Di periode ini kita akhirnya juga tahu kesiapan seorang Lorenzo menghadapi balapan Motegi di tengah bayang-bayang kondisi fisik yang belum prima. Sebelumnya Lorenzo memang mengaku tidak nyaman dengan fisiknya, namun akan melihat kondisinya di FP1.

Ya, setelah sempat mencoba dua lap, Lorenzo balik ke garasi dan menggelengkan kepala. Ia dipastikan tidak akan melanjutkan sesi. Pengumuman terbaru, Lorenzo akhirnya tidak akan turun membalap di Motegi. Ia masih belum fit pasca menderita dislokasi ibu jari kaki yang dialaminya di Aragon plus cedera jaringan lunak pada pergelangan kaki kanan serta lengan kiri saat di Buriram.

Dengan jarak sepekan pasca Motegi akan berlangsung seri Philip Island, rasanya masih diragukan Lorenzo bakal fit. Paling aman tentu absen lagi di Australia untuk fokus ke balapan Sepang, sepekan setelahnya.

Sementara itu, jalannya sesi sendiri berlangsung seru. Di 5 menit terakhir, seperti biasa, para pembalap melakukan time attack. Dovizioso sudah mencetak 1:45,358 di menit ke-41. Detik-detik akhir sesi, Crutchlow merengsek ke posisi kedua dengan 1:45,463 disusul Johann Zarco (1:45,483). Marquez sendiri harus puas menempati posisi keempat dengan 1:45,498.

Maverick Vinales menjadi pembalap pabrikan Yamaha tercepat di posisi kedua dengan 1:45,640. Lima pembalap teratas berhasil menembus 1:45 sedangkan posisi keenam Andrea Iannone mencetak 1:46,030. Posisi ketujuh dan kedelapan ditempati Alvaro Bautista dan Jack Miller. Valentino Rossi kesembilan disusul pembalap Aprilia, Aleix Espargaro melengkapi top 10.

Free Practice 2

Di sesi kedua, trek nampak basah walau tidak hujan. Bisa dipastikan laptime akan lebih lambat dibanding FP1. Beberapa pembalap tidak mencatatkan laptime seperti Marquez dan Dovizioso. Hingga sesi berakhir keduanya nampak tidak mencatatkan laptime.

Kondisi trek yang basah memang membuat pembalap enggan turun. Kesibukan mulai nampak di 5 menit akhir sesi. Vinales dan Miller nampak turun dengan ban slick  karena kondisi trek mulai kering. Keluar sebagai pembalap tercepat di sesi ini adalah Dani Pedrosa dengan 1:48,136 disusul Scott Redding dan Danilo Petrucci. Dua pembalap Yamaha hanya menempati posisi 14 dan 15.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.