Hanya Start Keenam, Marc Marquez Belum Temukan Set Up Ideal!

Marc Marquez tinggal selangkah lagi meraih gelar juar MotoGP musim ini. Syaratnya Ia harus finish di depan Andrea Dovizioso dengan sejumlah ketentuan. Motegi menjadi matchpoint pertama Marquez untuk menyelesaikan pertarungan, namun sejumlah kendala jelang balapan mendera the baby alien.

Masalah pertama, dan ini juga dialami semua pembalap, adalah di FP2. Trek yang basah akibat diguyur hujan sebelumnya membuat set up motor menjadi tidak optimal. Alhasil, andalan masukan data hanya dari FP1, padahal di sesi pembuka ini biasanya pembalap dan teknisi masih di tahap adaptasi atau set up dasar.

Masalah berikutnya hadir di FP4. Ketika set up terbaik sudah ditemukan, terbukti dengan menjadi yang tercepat di sesi ini, Marquez justru mengalami crash. RC213V-nya tidak bisa dipakai untuk melanjutkan sesi hingga kualifikasi. Jadi, Ia harus menggunakan motor cadangan yang masih menggunkan set up dasar. Nah lho…

Akibatnya, di sesi kualifikasi Ia tidak mampu tampil optimal. Alhasil, pembalap berusia 25 tahun itu harus puas menghuni posisi start keenam dengan catatan waktu 1 menit 44,889 detik, lebih lambat 0,299 detik dari pole sitter, Andrea Dovizioso.

“Tidak, layoutnya benar-benar berbeda dari Aragon dan Thailand. Kami juga coba menyesuaikan keseimbangan motor dengan trek Motegi,” terang Marquez seperti dikutip dari motorsport.com (20/10/2018). “Ini lebih ke arah keseimbangan motor, dan kami coba mengubah beberapa hal di sana. Saya merasa lebih baik, namun kemudian motor kedua memiliki setup basis kami saat ini di sini.”

Tapi, jangan sesekali meremehkan Marquez walaupun berbagai masalah terus menderanya. Contoh sudah bisa dilihat di kualifikasi, kendati hanya menggunakan motor cadangan, Marquez masih bisa start di posisi 6. Apalagi, masih ada waktu untuk men-set up motor untuk digunakan saat race nanti. Kita tunggu saja, apakah Ia bisa mengunci gelar di Motegi atau Dovizioso bisa menundanya hingga di Philip Island pekan depan.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.