Marc Marquez Juara Dunia MotoGP 2018, Dua Lagi Samakan Level!

Start dari posisi enam tidak menghalangi Marc Marquez mengunci titel juara. Makin mudah ketika sang rival justru terjatuh dan gagal menambah poin. Praktis, Marquez berpesta. Level 7 menjadi jargon untuk gelar ketujuh sepanjang karir grand prixnya.

Sebenarnya, Marquez butuh menang untuk memastikan gelar ketujuh, apapun kondisi finish Dovizioso. Atau, Marquez masih bisa juara tanpa harus memenangi pertarungan di Motegi dengan syarat posisi finishnya tidak lebih buruk dari berjarak 2 angka.

Selepas start, Dovi dengan brilian langsung melaju di depan. Tapi, Marquez tidak kalah briliannya. Lap kedua Ia sudah berjarak 0,22 detik dari Dovi di posisi kedua diikuti Miller dan Crutchlow. Lap 3 dan 4 posisi masih sama. Namun, di lap kelima Crutchlow overtake Marquez untuk posisi kedua.

Hanya 2 lap, Marquez kemudian menyalip kembali Crutchlow. Sedangkan Iannone dan Rins sudah naik ke posisi 5 dan 6, Miller mulai drop.

Lap 10 dari 24 putaran MotoGP Jepang kelompok terdepan sudah terbagi menjadi dua. Dovi-Marc-Cal di kelompok depan meninggalkan Iannone-Rossi-Rins di pack kedua.

Lap 13 Iannone nampak memiliki pace lebih cepat dari trio di depannya. Ia bisa 0,2-0,3 detik lebih cepat. Pertanda akan segera bergabung ke pack depan nih.

Lap 14 Marquez mulai mencoba menyalip Dovi, namun satu lap kemudian Dovi bisa mengembalikan posisinya. Di putaran ini harus disayangkan ketika Iannone harus crash.

4 lap jelang usai, Marquez sempat overtake Dovi, namun lagi-lagi Dovi masih bisa kembali ke depan. Lap 22 Marquez sudah kembali menyalip Dovi. Lap 23 Ia hanya berjarak 0,089 detik dari Dovi. Dovi nampak ngotot untuk mengembalikan posisinya dan hingga akhirnya Ia crash… pertarungan usai.

Marquez melenggang hingga garis finish untuk mengamankan titel ke-7 sepanjang karirnya atau ke-5 di kelas primer. Dovi sempat melanjutkan balapan namunakhirnya hanya finish ke-18.

Podium kedua dan ketiga menjadi milik Crutchlow dan Rins. Rossi keempat diikuti Bautista, Zarco dan Vinales. Rossi memang sukses finish keempat, namun jika melihat gap dengan Rins saja nyaris 5 detik-an yang bisa diartikan Yamaha M1 memang belum bangkit lagi seperti yang ditunjukkan di Thailand.

 

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.