Mengenal DSFX ix5, SUV Coupe Keren Dari Negeri Tirai Bambu

Setelah meluncurkan SUV 7 seater-nya di Indonesia beberapa bulan silam, DFSK kembali membuat kejutan dengan memamerkan SUV Coupe ix5 di negara asalnya. Di China sana, varian ini diberi nama DFSK Fengguang ix5, nama Fengguang sendiri diperuntukkan pasar China sedangkan untuk pasar internasional akan tetap menggunakan nama Glory.

Jadi, jika nantinya mobil ini mengaspal di Tanah Air akan bernama DFSK Glory ix5. Mungkin bagi yang sudah tidak sabar untuk melihat langsung mobil ini, kamu bisa memesan tiket pesawat ke China dan melihat langsung mobil tersebut. Nah, penasaran dengan SUV Coupe dari China ini? Mari simak penjelasan berikut.

1. Tampilan Luar

DFSK dikenal sebagai pabrikan China yang cantik dalam hal mendesain mobil. Hal tersebut dapat dilihat dari line up-nya yang sudah mengaspal di Indonesia, Glory 580. Ya, walaupun desain memang masalah selera namun patut diakui saat pertama kali melihat Glory 580 tak ada yang menyangka bahwa ini mobil dari China. Seperti itulah kira-kira gambaran ketika melihat desain ix5, bukan seperti mobil China.

Dari depan bisa dilihat desain yang gagah berkat penggunaan grill berukuran besar. Grill dengan tiga buah garis horizontal ini memberi kesan mewah lantaran sentuhan chrome, aksen chrome pada dua garis teratas menyambung dengan chrome yang ada pada headlamp. Untuk bagian ini, DFSK membekali dengan dua buah projektor LED, serta LED Positioning lamp plus LED DRL yang berada pada sisi bawah headlamp.

Bagian dalam headlamp yang diberi warna hitam memberi kesan sangar dari tampang mobil ini. Di bawah headlamp, terdapat beberapa lampu LED yang disusun secara horizontal yang diduga sebagai lampu kabut atau fog lamp. Sedikit melirik ke bawah, tarikan tegas pada bumper di sisi kiri dan kanan memberikan kesan tersendiri saat melihat mobil ini.

Ketika kita berpindah pandangan ke bagian samping, akan terlihat konsep sesungguhnya dari mobil ini yakni SUV Coupe. Ciri khas SUV Coupe terlihat dari desain pilar C yang melandai sehingga atap terlihat rendah. Tak ketinggalan over fender berwarna hitam juga hadir sebagai ciri khas sebuah SUV. Melihat body, memang tak banyak tarikan tegas pada desain samping mobil ini, namun pada body samping ini, DFSK memberi aksen chrome minimalis yang berada pada sisi bawah.

Desain velg yang digunakan ix5 juga tidak terkesan aneh atau norak, justru velg dengan desain bintang seperti ini terkesan sporty. Nah, saatnya berpindah kebagian paling menarik pada desain mobil ini. Ya, pada bagian belakang ix5 terlihat begitu menarik perhatian berkat stoplamp LED yang memanjang dari sisi kanan sampai sisi kiri mobil. Stoplamp lebih terlihat menarik saat menyala pada malam hari, walaupun stoplamp ini sekilas mirip stoplamp kepunyaan mobil Jerman.

Sebagai sebuah coupe sudah pasti kaca belakag ix5 dibuat rendah dan melandai. Di atas kaca terdapat spoiler dengan high mount stoplamp yang sudah LED serta antena dengan model sirip hiu pada atap mobil. Masih dari bagian belakang, pada bagian bawah atau bumper diberi warna hitam sehingga terlihat minimalis. Pada bumper terdapat lampu kabut, skid plate berwarna silver serta dua buah lubang knalpot.

2. Kabin

Masuk ke dalam kabin, kamu akan disapa dengan kabin mewah ala mobil China. Kemewahan didapat berkat penggunaan material kulit pada door trim, jok, hingga stir. Tak hanya mewah, kabin ix5 juga terlihat sporty karena penggunaan warna hitam yang mendominasi. Mari bahas satu per satu bagian dalam kabin yang canggih ini.

Kita mulai dari stir. DFSK Fengguang ix5 telah menggunakan model flat bottom dengan banyak tombol yang bisa memanjakan jempol kamu. Layar entertainment dan panel AC pada mobil ini sudah menggunakan layar sentuh, seperti mobil premium ya! Lebih keren lagi panel instrumennya. Bentuk dari panel instrumen ix5 terlihat keren dan tak hanya itu, panel instrumen ini juga sudah full digital lho.

Menuju konsol tengah, konsol tengah ini diisi dengan bentuk transmisi yang sporty dengan ukuran mini yang di sampingnya terdapat beberapa tombol seperti EPB dengan brake hold, idling start stop, drive mode, kamera 360 derajat, HDC, dan VSC. Pada baris kedua, terdapat kisi AC dengan konsol box yang di lengkapi dengan power outlet pada bagian bawah. Kabin akan terasa makin lega berkat atap yang telah menggunakan kaca.

Selain itu, banyak pula fitur canggih yang tertanam pada mobil ini, sebut saja fitur voice control untuk mengatur pintu, sunroof, dan jendela, serta ada juga fitur lain seperti lane departure warning system, dan forward collision warning system. Lebih canggihnya, mobil ini sudah menggunakan sistem operasi Baidu Apollo yang dikhususkan untuk mobil otonom.

3. Mesin

Dongfeng Fengguang ix5 di negeri asalnya mempunyai dua pilihan mesin. Pilihan mesin pertama di khususkan buat kamu yang menginginkan mesin berkapasitas kecil namun dengan tenaga yang besar. Mesin yang di maksud di atas adalah mesin bensin dengan kapasitas 1.500 cc turbo, mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga hingga 150 ps dan torsi maksimal hingga 220 Nm.

Sedangkan pilihan mesin kedua diracik untuk kamu yang tidak suka dengan karakteristik mesin turbo. Pilihan mesin kedua adalah mesin bensin berkapasitas 1.800 cc naturally aspirated (n/a) dengan tenaga yang tidak sebesar mesin turbo, yakni hanya 139 ps dan torsi puncak mencapai 187 Nm. Mana pilihan mesin favorit kamu? N/a atau turbo?

4. Harga

Sejak dipamerkan April lalu, rencananya ix5 akan dirilis pada kuartal ke empat tahun 2018 yang artinya mobil ini akan rilis bulan depan. Menurut rumor yang beredar, di China ix5 nantinya akan dibanderol di atas 100 ribu Yuan. Jika di rupiahkan maka mobil ini akan dipatok mulai dari Rp 220 juta-an.

Apakah harga yang ditawarkan sebanding dengan yang konsumen dapatkan? Mari lihat nanti setelah mobil ini resmi meluncur. Lalu, pantaskah mobil ini mengaspal di Indonesia? Jika iya, apa kah kamu salah satu konsumen yang berminat?

Advertisements

1 Comment

  1. SUV DFSK Glory 580 ini danggap mampu menyuguhkan kualitas, kelengkapan fitur, jaminan bebas kekhawatiran dan harga yang kompetitif bagi konsumen mobil SUV. Tidak hanya itu DFSK Glory 580 juga menjadi model yang paling banyak dicoba di area Test Drive DFSK di IIMS 2018 dan mendapat gelar The Most Tested Choice Automobile.

    Persaingan pasar mobil SUV makin panas dengan kehadiran DFSK Glory 580. Mobil SUV Jakarta pun makin keras persaingannya. Hal ini tidak lepas dari meningkatnya market share SUV secara keseluruhan yang melibatkan low SUV dan medium SUV. DFSK kini hadir untuk membuktikan diri sebagai pabrikan asal Cina di Indonesia yang tidak bisa dianggap remeh. Dengan harga mobil SUV murah yang dirilisnya, DFSK membuktikan bahwa murah itu tidak selalu murahan. Fitur lengkap dan dapur pacu DFSK Glory 580 menunjukkan jika harga mobil murah tetap dapat memberikan sensasi premium dan mewah. Disini untuk melihat daftar harga mobil SUV.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.