Maverick Vinales Akhiri Puasa Kemenangan Yamaha, Zarco-Marquez Clash!

Maverick Vinales mengakhiri puasa kemenangan Yamaha di MotoGP. Hal itu setelah pembalap Spanyol itu memenangi balapan di Sirkuit Phillip Island, Minggu (28/10/2018).

Vinales mempersembahkan kemenangan pertama Yamaha setelah 25 balapan tanpa podium tertinggi. Ia mengungguli Andrea Iannone (Suzuki) dan Andrea Dovizioso (Ducati) yang finish kedua dan ketiga.

Kemenangan Vinales diwarnai kecelakaan hebat Johann Zarco dengan Marc Marquez. Kedua pembalap akhirnya mengakhiri balapan lebih awal.

Pembalap Movistar Yamaha itu berhasil mengembalikan posisinya di depan setelah sempat drop ke posisi 8 selepas start. Vinales start dari posisi kedua di belakang Marquez.

Vinales mulai memimpin balapan di lap 8, diikuti Valentino Rossi untuk menciptakan dua Yamaha di depan. Sayang, Rossi harus tercecer ke posisi 6 setelah disalip Dovizioso, Baitista, dan duo Suzuki, Iannone serta Rins.

Sedangkan, Vinales berhasil menambah gap dengan rombongan di belakangnya. Ia makin cepat lap demi lap hingga sudah berada di jarak yang nyaman dengan posisi kedua di sepertiga akhir balapan.

Dengan pertarungan memperebutkan posisi runner up antara 5 pembalap, Vinales punya kesempatan menjauh. Alhasil, di sisa 5 lap dari 27 lap yang direncanakan, Ia sudah unggul 4 detik. Hanya tinggal mengatur ritme untuk menang.

Akhirnya, ketika Iannone – yang digadang-gadang pembalap tercepat di Phillip Island – mengejar, Vinales tidak terkejar. Ia sukses mempersembahkan kemenangan pertama bagi Yamaha di 25 balapan terakhir. Yamaha terakhir menang di Assen 2017 lalu lewat Rossi.

Bagi Vinales, kemenangan tersebut yang pertama baginya setelah seri Le Mans tahun lalu.

Insiden Mengerikan

Para pembalap yang finish di depan ‘dibantu’ oleh kecelakaan mengerikan yang melibatkan Marquez dan Zarco. Di awal lap kelima pembalap Monster Yamaha Tech 3 melaju dan mengenai ban belakang Marquez yang tengah gaspol sekitar 300 km/jam di akhir straight.

Zarco terlempar dari Yamaha M1-nya, tetapi untungnya tanpa cedera. Sementara Marquez – yang merayakan gelar ketujuh dunia akhir pekan lalu – masuk pit dengan kerusakan pada RC213V-nya. Ini menandai DNF pertama Marquez sejak MotoGP Inggris 2017.

Advertisements

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Valentino Rossi: Yamaha Jangan Terlena, Masalah YZR-M1 Masih Banyak! - rideralam.com
  2. [Opini] Hei Yamaha... Pembalap Terbaikmu Saat Ini Vinales, lho! - rideralam.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.