[Opini] Hei Yamaha… Pembalap Terbaikmu Saat Ini Vinales, lho!

Hei Yamaha… Pembalap Terbaikmu Saat Ini Vinales, lho! Ya, suka atau tidak pembalap terbaik tim Iwata saat ini adalah Maverick Vinales. Lupakan sejenak klasemen MotoGP, apapun hasilnya di papan klasemen, nama Marc Marquez akan selalu disebut, bukan Vinales atau Valentino Rossi sekalipun. Tapi, kemenangan Vinales di Phillip Island mampu mengembalikan harga diri Yamaha di hadapan tim lain dan tentu saja para fans.

Sejak Assen 2017, Yamaha benar-benar terpuruk. Kemenangan terasa semakin jauh. Bayangkan 25 kali balapan tanpa menang untuk sekelas Yamaha adalah aib. Andaikan itu terjadi pada Suzuki atau Ducati sekalipun, publik akan maklum. Tapi, ini tim papan atas yang kendati belum punya pembalap yang juara dunia sejak Lorenzo melakukannya 2015 lalu, tapi untuk sekedar memenangi seri tentu bukan hal yang sulit.

pembalap terbaik yamaha

Rossi dan Vinales sekedar nyaris menang di periode itu. Bahkan, kini level mereka sudah disalip Ducati, sedangkan rival abadinya, Honda, terus melaju dengan si anak ajaib, Marquez. Harga diri Yamaha jeblok. Kualitas Yamaha M1 yang digadang-gadang motor juara, kini pesaingnya sekelas tim independen. Parah.

Tapi, Phillip Island mampu mengembalikan supremasi itu, setidaknya untuk saat ini. Kemenangan Vinales menjadi dahaga. Ketika banyak yang berharap pada Rossi untuk mematahkan rekor buruk itu, nyatanya the doctor tidak juga mampu. Justru, pembalap yang selama ini mengaku kerapkali diabaikan masukannya yang mempersembahkan kemenangan. Sang pembalap terbaik Yamaha.

pembalap terbaik yamaha

Masa Depan Yamaha

Yamaha harus sudah sadar, masa depan mereka ada di Vinales. Dengan segala hormat, tanpa bermaksud merendahkan seorang legenda aktif sekelas Valentino Rossi, pembalap terbaik Yamaha saat ini adalah Maverick Vinales. ‘Hanya’ pengalaman yang membuat Vinales kalah poin di klasemen dari Rossi. Tapi, untuk kecepatan sudah beberapa kali Vinales membuktikannya. Phillip Island menjadi bukti tersahih.

pembalap terbaik yamaha

Jadi, sangat wajar dan sudah seharusnya Yamaha mulai mendengarkan masukan dari Vinales. Arah pengembangan YZR-M1 harus mulai melirik Vinales. Berikan motor yang cocok dan sesuai styles Vinales. Rasanya hal itu mulai terlihat. Menurut motorsport.com (30/10/2018), sebelum seri Australia, Vinales ternyata berbicara banyak (sekitar 1 jam) dengan para engineer Yamaha. Hasilnya, moncer… Ia menang!

“Saya berharap Yamaha melihat bahwa saya bisa memenangi balapan pada Minggu dan karenanya berusaha untuk memberikan saya motor yang lebih kompetitif tahun depan, motor yang cocok untuk saya,” ucap Vinales.

Sebuah permintaan yang tidak ruwet dan sangat normal dari seorang pemenang, pembalap yang telah memutus mata rantai nasib buruk Yamaha. Dan, kabar baik, Yamaha telah mempersiapkan mesin baru untuk Vinales. Jelang tes pramusim pertama di Valencia, Ia akan dapat menjajal mesin baru dan diharapkan lebih cocok.

pembalap terbaik yamaha
dah lama kan gak beginian? makanya dengerin Vinales tuh hehehe

Apakah itu berlebihan, rasanya tidak. Apalagi, secara teoritis Vinales tetap harapan terbaik pabrikan garpu tala untuk memperebutkan kemenangan, serta titel dalam dua musim ke depan. Sepakat? No offense lho ya para FBR, this is just my opinion.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.