Yamaha FreeGo 125: Banyak Fitur Andalan Namun Mesin Masih Non-VVA

ktm indonesia

Seperti yang ditulis di blog ini dua hari lalu bahwa akhirnya benar Yamaha merilis motor baru di pembukaan IMOS 2018. Bukan MT-15 atau MX King melainkan skutik baru bernama FreeGo 125. Seperti apa skutik ber-ABS ini?

Yamaha menggebrak di pembukaan International Motorcycle Show (IMOS) 2018, Rabu (31/10/2018) di Jakarta. Mereka akhirnya membuka selubung motor baru bergenre matik atau skutik. Skutik ini bernama FreeGo 125 sama seperti dugaan awal beberapa waktu lalu ketika spyshot calon skutik anyar Yamaha tertangkap kamera di jalanan.

Fitur Pioner

FreeGo 125 mengusung beberapa fitur pioner di kelasnya seperti pengereman ABS (antilock brake system) yang merupakan tingkat pengereman tertinggi di sepeda motor. Juga pioner letak lubang tangki pengisian bahan bakar yang terletak di depan sebelah kiri. Tidak usah kuatir akan meledak misal terjadi benturan depan sebab tangki bbm-nya justru terletak di bawah dek kaki. Posisi lubang bbm ini bisa menjadi tren baru skutik ke depannya.

Bagasi Luas

Bicara skutik tentu bicara fungsional. Skutik sebagai moda transportasi harian membutuhkan tempat meletakkan barang yang lega. Dan, FreeGo 125 sudah mengakomodasi hal itu dengan luas bagasi hingga 25 liter. Konon katanya sudah lebih besar dari bagasi NMax 155, padahal bagasi NMax sudah gede banget tuh.

Velg 12 Inch

Nah yang cukup menarik adalah pengaplikasian velg ring 12, sama dengan di Honda Scoopy. Kendati diameter velg lebih kecil dari NMax, namun penggunaan ban gambot membuat kaki-kaki FreeGo tidak terkesan imut, justru gambot. Sehingga untuk bermanuver lebih stabil. Ban depan FreeGo berukuran 100/90 sedangkan ban belakang 110/90. Cukup mengejutkan, sebab biasanya Yamaha memberikan ban lebar dengan ketebalan minimal, misalnya 100/70.

Power Socket dan Hazard Lamp

Inilah standar skutik baru saat ini. Power socket tentu untuk me-recharge batere gadget, sangat berguna bagi blogger yang senang ‘keluyuran’, sosialita yang tak lepas dari HP atau anak muda yang selalu ingin stalking gebetan. Untuk hazard lamp, ini merupakan ‘amanat’ UU No.22 Tahun 2009 untuk keadaan darurat. Tujuannya baik, sayang pada prakteknya sering disalahgunakan rider.

Smart Motor Generator

Yamaha mulai ‘membiasakan’ skutik baru mereka dengan teknologi satu ini. FreeGo 125 juga tidak ketinggalan diberi fitur starter senyap bernama Smart Motor Generator (SMG).

Mesin Belum VVA

Fitur-fitur di atas merupakan andalan Yamaha FreeGo 125, di samping fitur lain khas Yamaha seperti jok yang nyaman, diasil silinder, forged piston dan tentu saja speedometer full digital dengan MID. Namun, ada sedikit yang mengganjal dengan spesifikasi FreeGo 125 ini yaitu mesin yang digunakan.

Mesin FreeGo 125 masih mesin lawas walau sudah berteknologi Bluecore. Yamaha tidak memberikan generasi mesin maxi skutik mereka yang sudah mengadopsi teknologi VVA. Ya, FreeGo 125 masih menggendong mesin yang serupa dengan Soul GT125.

Dilihat dari spesifikasi teknis di yamaha-motor.co.id, mesin FreeGo 125 sama persis dengan Soul GT125. Yakni SOHC 125 cc. Dimater x langkah 52,4 mm x 57,9 mm, power maksimal 7,0 kW di kitiran 8.000 rpm, torsi 9,5 Nm pada 5.500 rpm serta kompresi 9,5:1.

Performa mesin ini tidak jelek, lebih dari cukup untuk sebuah skutik 125 cc. Namun, tren Yamaha saat ini adalah mesin dengan VVA. Lexi 125 yang sama-sama 125 cc sudah mengusung mesin terbaru Yamaha, kenapa FreeGo masih yang lawas. Jadi, untuk bahasa marketing, mesin lawas FreeGo 125 masih di bawah mesin terbaru maxi skutik Yamaha.

Tapi, boleh jadi alasan Yamaha menggunakan mesin berbeda dengan Lexi 125 untuk membedakan posisi maxi skutik dengan skutik reguler. Dan, FreeGo ini bukanlah maxi skutik!

Harga dan Warna

Dengan semua kelebihan di atas, Yamaha membanderol FreeGo 125 Rp18.500.000 untuk versi standar, Rp19.700.000 untuk FreeGo S dan Rp22.500.000 untuk versi S-ABS.

FreeGo punya beragam pilihan warna yang menarik. Matte Black, Metallic Red, Metallic Blue dan Metallic White untuk FreeGo standar. Untuk FreeGo S dan S-ABS tersedia dalam dua warna pilihan Matte Red dan Matte Grey.

Advertisements

4 Comments

    • Yg ane suka…lihat nih motor
      Bagasi luas muat helm,jas hujan,sepatu karet.ban gambot,buritan lampu depan,dek kaki dan jok yg panjang dan lebar….
      Kalau mesin 125 non vva dan radiator,saya rasa cukup dgn bbm oktan 90,kalau kepaksa premium juga sdh cukup karena kompresi nya 9,5:1
      Terlanjur minang lexi s…
      Btw…interest

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Produk-Produk Baru Di Hari Pertama IMOS 2018! - rideralam.com
  2. Ini Daftar Harga Motor Baru Yang Diluncurkan Di Hari Pertama IMOS 2018 - rideralam.com
  3. Ini Daftar Harga Motor Baru Yang Diluncurkan Di IMOS 2018 - rideralam.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.