Curang Lagi, Marquez Kehilangan Pole!

ktm indonesia

Curang? Yes, karena hasil investigasi race steward menunjukkan Marc Marquez menghambat laju pembalap lain yang berpotensi mencetak waktu lebih cepat. Pembalap itu adalah Andrea Iannone dari Suzuki Ecstar. Alhasil, gegara itu Marquez mendapat hukuman mundur 6 grid start.

sanksi mundur marquez

Dikutip dari motorsport.com (3/11/2018), insiden itu terjadi di Tikungan 9, Sabtu (3/11). The Maniac yang tengah berburu baris depan terpaksa melambatkan motornya. Dari tayangan ulang video juga terlihat, bahwa pembalap Suzuki itu sampai mengangkat tangan sebagai bentuk kekesalan kepada Marquez.

Ulah Marquez itu melanggar Pasal 1.21.2 Regulasi Kejuaraan Dunia FIM Grand Prix yakni melambat di racing line dan mengganggu pembalap lain.

“Pembalap harus berkendara dengan cara bertanggung jawab yang tidak menyebabkan bahaya bagi pesaing atau peserta lain, baik di trek atau di pit lane,” demikian bunyi peraturannya.

Usai kualifikasi dalam sesi konferensi pers, Marquez membela diri dengan menyebut dirinya tidak melihat kedatangan Iannone. Ia hanya melihat Suzuki lain (Alex Rins) saat menoleh ke belakang. Ya, insiden itu terjadi setelah Marquez kembali ke lintasan dari pit.

sanksi mundur marquez

Entah, karena percaya diri atau lainnya, Marquez mengaku tidak masalah sebab Ia bisa mencetak waktu tercepat. Betul, sebelum keputusan sanksi dibuat, Marquez mengklaim pole ke-80 sepanjang karirnya. Namun, dengan sanksi mundur posisi start sebanyak 6 grid, maka Ia akan start dari posisi 7.

Ulah Marquez kali ini bukanlah yang pertama. Di awal musim, Ia juga pernah mendapatkan sanksi serupa di Austin. Ia melambat di racing line dan menghambat laju Maverick Vinales. Insiden itu berbuah penurunan posisi start sebanyak 3 grid. Padahal, di akhir sesi Ia berhasil meraih pole. Akibatnya, Vinales yang naik ke posisi terdepan di starting grid.

Marquez Mundur, Zarco Pole!

Di race Sepang Minggu esok, start terdepan akan menjadi milik Johann Zarco diikuti Valentino Rossi dan Andrea Iannone.

sanksi mundur marquez

Tapi, seperti di Austin, nampaknya penurunan posisi start tidak akan menghalangi Marquez untuk merengsek ke depan selepas lampu start padam. Bukan tidak mungkin, tontonan seru akan tersaji gegara sanksi mundur Marquez ini.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.