Mandalika Lombok Disiapkan Untuk MotoGP Indonesia, Menjanjikan nih cak!

ktm indonesia

Jujur tidak terlalu excited ketika mendengar MotoGP akan dilangsungkan di salah satu wilayah di Indonesia. Bukan tanpa sebab, isu begini nyaris selalu muncul tiap saat namun endingnya mengecewakan. Jangankan ditunjuk jadi tuan rumah, sirkuit saja tidak jelas penampakannya. Termasuk isu terbaru dimana MotoGP Indonesia akan diselenggarakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Bukan pesimis atau tidak mendukung Indonesia menjadi tuan rumah balap motor paling akbar di kolong jagad itu, tapi terlalu sering PHP membuat sikap skeptis langsung merasuk mendengar seputar isu tersebut. Tidak mau senang dulu, bahkan ketika kabar disebutkan petinggi Dorna mengunjungi calon lokasi sirkuit.

motogp indonesia lombok

Tentu sampeyan masih ingat bagaimana seorang gubernur salah satu provinsi di Sumatera dengan percaya diri mengatakan wilayahnya pasti akan menggelar MotoGP di tahun 2019. Kita (atau mungkin RA saja) langsung optimis hal itu memang benar, pasalnya sang gubernur langsung bertemu CEO Dorna di Sepang. Bahkan, konon kabarnya tanda tangan kerjasama dua pihak sudah dilakukan. Tapi, hasilnya apa? Jadwal MotoGP 2019 yang dirilis sama sekali tidak ada nama Indonesia… Zonk!

motogp indonesia lombok

Beberapa waktu sebelumnya sama saja. Bahkan ini level presiden yang mengatakan mendukung Sentul sebagai tuan rumah MotoGP Indonesia di tahun 2021. Mengunjungi sirkuit, berbicara dengan pengelola sirkuit. Hasilnya, lagi-lagi zonk. MotoGP Indonesia di Sentul ternyata akan dilaksanakan pada tahun monyet!

Bahkan sebelum dua isu itu mencuat, Indonesia sudah pernah ‘digoyang’ isu tuan rumah MotoGP 2018. Kala itu Carmelo Ezpelata bahkan sudah tandatangan semacam agreement dengan kemenpora soal wacana itu. Sayang, hingga MotoGP musim ini menyisakan 1 seri saja, ga ada tuh nama Indonesia sebagai tuan rumah. Zonk banget yak…

Mandalika Street Circuit

Kini, isu serupa muncul kembali. Wilayahnya bergeser ke timur agak jauh dari Jakarta yakni di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebuah kawasan wisata bernama Mandalika disiapkan sebagai destinasi Marc Marquez dkk. untuk berlaga.

motogp indonesia lombok

Bahkan, kabar terbaru menyebutkan pemerintah Indonesia melalui Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengonfirmasi kunjungan CEO Dorna Sports S.L., Carmelo Ezpeleta untuk melihat lokasi. Secara khusus dan spesifik, kedatangan Ezpeleta ini untuk mengunjungi lokasi yang memungkinkan penyelenggaraan event kejuaraan dunia balap motor Grand Prix di kawasan wisata terintegrasi seluas 1.175 hektar (motorsport.com, 6/11/2018).

 

Kabarnya, sirkuit yang disiapkan di Mandalika bertipe street circuit alias srikuit jalan raya. Pembangunanya akan dilakukan perusahaan asal Prancis yang bergerak di bidang Konsesi dan Konstruksi, yaitu VINCI Construction Grands Projets. VINCI telah menyiapkan 131 hektar untuk membangun komplek sirkuit balap jalan raya. Nilai investasinya adalah 1 miliar Dollar atau setara 14,5 triliun Rupiah!

Tapi, harapan memang harus selalu hidup. Apalagi jika melihat video di atas, konsep wisata kawasan Mandalika sangat menjanjikan untuk terwujudnya MotoGP Indonesia. Satu lagi yang membuat optimis yakni pembangunan sirkuit dilakukan oleh perusahaan asing langsung. Gak usah nyinyir soal nasionalisme untuk urusan duit banyak begini. Mending mereka yang menjadi operator pembangunan infrastuktur yang tidak bersinggungan langsung dengan hajat hidup rakyat, daripada sok nasionalisme namun hasilnya tetap zonk!

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Sirkuit Mandalika Lombok Akan Punya 18 Tikungan, Panjang 4,59 km - rideralam.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.