Tragis… Sirkuit Sentul Dicoret Dari ARRC 2019, Baguslah!

ktm indonesia

Ketika ajang sekelas MotoGP masih sebatas impian untuk mendarat di Indonesia, ajang balap motor internasional yang ada selama ini justru akan hilang dari tanah air. Ya, balapan motor regional Asia, ARRC atau Asia Road Racing Championship tahun ini terancam menjadi balapan terakhir di Sentul. Tahun depan, Indonesia kemungkinan besar tidak akan disinggahi lagi.

Dilansir dari laman gridoto.com (7/11/2018), Sentul memang terancam dicoret dari gelaran ARRC 2019. Faktor safety sirkuit yang menjadi alasan utama pencoretan Sentul.

sirkuit sentul

ARRC telah hadir di Sentul sejak 15 tahun silam. Dan semakin tahun, ARRC akhirnya menjadi satu-satunya ajang balap Internasional yang digelar di Sentul (baca Indonesia). Ketika negara tetangga semakin membumbung tinggi, negeri besar satu ini justru makin nyungsep. Sontoloyo!

Promotor balapan Asia, Ron Hogg, sekaligus sebagai Direktur Two Wheel Motor Racing, mengatakan hal tersebut saat MotoGP Malaysia digelar.

“Ini menyangkut safety. Banyak pembalap memberikan masukan kepada saya untuk tahun depan,” ujar Hogg.

Kritikan Sama Tiap Tahun!

Ketika ada balapan kelas internasional di Sentul, kerapkali yang terekspose adalah kondisi sirkuit yang mendapat kritikan dari banyak pembalap yang turun. Yang trek bumpy-lah, permukaan aspal yang tidak rata-lah bahkan seorang pembalap Malaysia yang turun di ARRC SS600 mengatakan Sentul lebih cocok sebagai sirkuit motorcross.

sirkuit sentul

 

Kendati RA tidak pernah ke sirkuit ini secara langsung, namun jika melihat foto-foto sirkuit baik aspal, kerb, tembok pembatas, gravel hingga cat bangunan yang ada, Sentul memang terkesan kumuh. Coba, sampeyan tengok sirkuit-sirkuit tuan rumah MotoGP, misal Sepang atau Buriram, lalu segera setelah itu lihat Sentul, sepet bukan matanya hehehehe...

Jadi, jika ada wacana Sentul akan dihapus dari kalender ARRC 2019 dan seterusnya, koq hati ini seperti lega ya. Bukan tidak nasionalis, tapi daripada setiap jadi tuan rumah selalu dikritik soal kualitas sirkuit (dan parahnya kritikan itu selalu sama tiap tahun seolah tidak ada perbaikan) lebih baik distop saja. Sekalian biar stake holder bangsa ini bisa mau memikirkan kondisi ini.

Superbike 1000cc

Alasan paling rasional dari bakal dicoretnya Sentul dari kalender ARRC adalah adanya kelas baru Superbike 1000cc. Ya, kelas ini hadir menggantikan Supersport 600 yang telah dihapus mulai musim 2019. Sehingga, Sentul makin tidak layak menggelar balapan motor superbike 1000cc.

sirkuit sentul

“1.000 cc superbike pasti lebih besar tenaganya dan lebih kencang. Sirkuit Sentul tidak memenuhi syarat untuk dijadikan sirkuit untuk 1.000 cc. Semua ini demi safety,” tambah Hogg.

Jadi, bagaimana? masih berharap MotoGP mampir ke Indonesia ketika balapan kelas Asia saja sudah tidak memenuhi syarat? En do ne sah !

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Bagaimana Perasaanmu Ketika Tahu Fakta Ini: Vietnam Tuan Rumah F1 2020, Indonesia Dicoret Dari ARRC 2019! - rideralam.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.