Yamaha Buka-Bukaan Kenapa New YZF-R25 Tidak Sekomplit Dua Rivalnya

ktm indonesia

Yamaha baru saja meluncurkan R25 baru dengan sejumlah perubahan yang mengikuti. Namun, ubahan yang ada ternyata sama sekali tidak menyentuh sektor mesin dan penambahan fitur. Padahal, sang rival seperti CBR250RR dan New Ninja 250 bersolek lebih ‘genit’. Mengapa Yamaha memilih ‘jalan itu?’

Yamaha YZF-R25 facelift 2018 mendapatkan update di sisi kaki-kaki, khususnya suspensi depan yang kini sudah upside down dan fairing depan yang diklaim lebih aerodinamis.

Presiden Direktur Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Minoru Morimoto mengatakan perubahan pada R25 merupakan kadar minor change. Dia menjelaskan bagian utama yang berubah pada kaki-kaki dan aerodinamik, sedangkan sasis dan mesin masih sama seperti sebelumnya.

Perubahan ini bagi sebagian orang dianggap kurang ‘wow’ dibanding apa yang sudah dihadirkan Honda dan Kawasaki di sport fairing seperempat liternya.

Pihak Yamaha menjelaskan menerapkan strategi rasional dengan menawarkan spesifikasi yang benar-benar dibutuhkan peminat sepeda motor sport fairing 250 cc.

3 Opsi R25 Baru

Minoru menjelaskan pada dasarnya sebelum melakukan update R25, Yamaha punya 3 opsi. Pertama, R25 baru dengan upside down. Kedua, R25 baru dengan mode berkendara. Ketiga, R25 baru dengan dua opsi pertama dijadikan satu.

Akhirnya, opsi pertama dipilih. Opsi kedua tidak dipilih karena fitur mode berkendara ‘hanya’ sekedar ‘nice to have’. Mirip fitur canggih di HP yang sekedar bikin pemiliknya bangga, tapi jarang dipakai atau bahkan gak pernah dipakai mungkin.

Opsi ketiga sebenarnya menarik, sebab jika ini yang dipilih, hampir bisa dipastikan New R25 akan selengkap CBR250RR dan sekencang New Ninja 240 atau bahkan melebihi secara produk keluaran terakhir biasanya paling komplit. Tapi, Yamaha mengabaikannya karena hal itu bisa menaikkan harga jual R25 baru.

Saat ini, harga jual R25 baru tidak sampai 60 juta lebih tepatnya Rp58,6 juta. Harga ini di bawah harga CBR250RR termurah Rp59,9 juta atau New Ninja 250 Rp61,9 juta.

Selain upside down dan fairing, R25 terbaru juga kini memiliki spidometer LCD, lampu depan-belakang LED, lampu hazard, ban lebar 110/70/17 (depan) dan 140/70/17 (belakang), serta big bike switch yang membuat menyalakan mesin bukan lagi pencet tombol tapi dengan cara geser.

Faktor lain yang tidak kalah penting bagi Yamaha adalah kondisi market sport 250cc yang tidaklah besar. Kondisi yang membuat Yamaha tidak all out di kelas ini. Morimoto menjelaskan Yamaha harus memikirkan bisnis dan pasar motor sport 250 cc dikatakan tidak begitu besar.

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Lagi-Lagi Soal Harga, Yamaha Tidak Sematkan VVA Di R25 Baru - rideralam.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.