Lagi-Lagi Soal Harga, Yamaha Tidak Sematkan VVA Di R25 Baru

ktm indonesia

Yamaha R25 terbaru hadir dengan spesifikasi mesin sama dengan versi lama. Sehingga harapan pecinta Yamaha untuk mendapatkan R25 dengan VVA pupus. Yamaha sendiri akhirnya memberikan penjelasan terkait hal itu.

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tidak menyematkan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) pada seri motor sport Yamaha R25 baru. Fitur tersebut sebelumnya sudah disematkan pada produk Yamaha terbaru seperti R15, Aerox, NMAX, dan Lexi.

Padahal andai Yamaha mau menyematkan fitur tersebut, bukan tidak mungkin R25 baru akan menjadi motorsport 250cc paling superior saat ini. Sebab VVA akan membuat torsi yang besar di putaran bawah dan tenaga yang besar di putaran atas serta motor jadi punya efisiensi yang bagus.

Menanggapi hal tersebut, General Manager After Sales & Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M Abidin berusaha menjelaskan di sela-sela test ride R25 baru di Sentul.

“Costnya akan lebih mahal apalagi dua silinder,” ungkap Abidin dikutip dari detik.com (9/11/2018).

Lebih lanjut, M. Abidin menjelaskan, “Konteksnya VVA itu kan nempatin 2 cam di dalam satu poros, umumnya suitable untuk tipe yang SOHC, kalo DOHC itu kan nempatinnya berarti harus ada dua, itu synchronize-nya nggak gampang. Mesin R25 dianggap cukup dengan menggunakan DOHC yang sekarang”.

Opini

Oke, nampaknya Yamaha memang tidak mau total menggarap R25 baru ini. Padahal, jika mau tentu tidak sulit sekelas Yamaha membuat R25 menjadi paling powerfull diantara CBR250RR dan New Ninja 250. Mengapa? Ulasannya ada di artikel ini cak.

Intinya, keinginan masyarakat (RA tidak sebut konsumen karena belum tentu juga akan membeli) tidak sesuai dengan prinsip ekonomi market motorsport 250cc saat ini. Kuenya sedikit koq entek-entek an, rugi dong. Apalagi di market ekspor R25 lawas kondisinya masih baik-baik saja.

Alhasil, dengan memilih ‘jalan’ berbeda dibanding dua rivalnya, Yamaha sukses mempertahankan benderol R25 baru tetap paling murah yakni Rp58,6 juta.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.