Dani Pedrosa Mengejar Satu-Satunya Rekor Di Valencia!

ktm indonesia

Cak, MotoGP musim ini tak terasa tinggal menyisakan seri Valencia saja. Akan ada 27 lap terakhir dari rangkaian 465 lap sepanjang 19 seri tahun ini. Dan, bagi Dani Pedrosa ini adalah race terakhir sebagai pembalap Repsol Honda. Tiga belas tahun berkarir di kelas MotoGP, Pedrosa belum sekalipun mampu merebut gelar juara dunia. Namun, ada satu yang masih bisa dikejar pembalap yang akan menjadi pembalap penguji KTM itu di Ricardo Tormo.

rekor pedrosa

Kabarnya, Dorna akan memberikan ‘sambutan’ perpisahan Pedrosa dengan menobatkannya sebagai MotoGP Legend. Seremoni perpisahan juga sudah disiapkan. Jelas, Valencia akan sangat emosional bagi little spaniard dan tentu saja para fans-nya di seluruh dunia. Apalagi, kendati musim depan menjadi test rider, namun policy KTM yang¬†mempersiapkan Pedrosa hanya bekerja membangun motor, maka kecil kemungkinan Ia akan turun membalap dengan RC16.

 

Kembali ke topik di awal, apa yang bisa dikejar Pedrosa di Valencia sebagai penutup karirnya? Pedrosa total 18 tahun berkecimpung di dunia balap grand prix, 13 tahun di antaranya di kelas MotoGP. Nah, 13 musim membalap bersama Repsol Honda, ada catatan impresif Pedrosa yang sulit untuk diikuti pembalap top manapun. Rekor itu adalah selalu memenangi minimal 1 seri tiap tahunnnya. Valencia 2018 akan menentukan apakah Ia bisa melanjutkan rekor itu atau justru mengulangi musim debutnya di balap grand prix 2001 tanpa kemenangan?

rekor pedrosa

Ya, Pedrosa muda memulai karir hebatnya di kelas 125 cc tahun 2001. Kala itu Ia memperkuat Televonica Movistar Junior Team dengan motor Honda RS125. Tampil penuh satu musim 16 seri, Pedrosa belum berhasil memenangi satu seripun. Prestasi terbaiknya ‘hanya’ dua kali podium ketiga di Valencia dan Motegi. Namun, sejak musim kedua hingga tahun 2017 lalu, Pedrosa selalu menang minimal satu seri tiap tahunnya. Catatan impresif itu terancam sirna di Valencia tahun ini.

rekor pedrosa

Musim Terburuk

Bukan tanpa sebab, sepanjang musim ini Pedrosa memang seakan tenggelam. Jangankan kemenangan, sekedar podium saja terasa sangat sulit. Finish terbaiknya musim ini hanyalah posisi kelima sebanyak empat kali. Namun, Valencia merupakan trek yang bisa mengeluarkan kemampuan terbaik seorang Pedrosa. Terbukti, sejak 2001 Pedrosa telah 7 kali menang di sana di semua kelas, terbanyak dibanding sirkuit lain. Termasuk kemenangan terakhirnya terjadi di Valencia tahun lalu.

rekor pedrosa

Jadi, akankah Pedrosa bisa menutup karir balapnya di kelas MotoGP dengan kemenangan di Valencia? Atau justru de javu tahun debut 18 tahun silam tanpa kemenangan? Kita tunggu saja di final battle MotoGP 2018 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, 16-18 November 2018!

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.