Faktanya, Ini Penyebab Motor Brebet Saat Digas!

ktm indonesia

Pernahkah sampeyan ketika lagi riding tiba-tiba suara motor tersendat-sendat? Jika bukan karena tanda-tanda kehabisan bahan bakar, maka kondisi itu dinamakan mesin motor brebet. Mesin brebet terjadi karena proses pembakaran di dalam mesin tidak terjadi secara lancar alias terputus-putus. Masalah tersebut bisa timbul ketika motor digas dan lebih seringnya ketika RPM tinggi.

Lalu, apa penyebabnya dan bagaimana pula cara mengatasinya? Di artikel ini kita akan membahas permasalahan seputar mesin motor yang brebet, penyebab serta solusinya ketika mendapati kondisi demikian.

motor brebet

 

Kondisi motor yang brebet menandakan motor kita sedang tidak sehat. Ibarat pada manusia, tidak selamanya kondisi tubuh kita sehat, sesekali akan terjadi sakit. Nah, mesin brebet di motor merupakan tanda-tanda motor kita memang tengah ‘sakit’. Penyebabnya bisa jadi karena kurang perawatan.

Apabila mesin brebet, pastinya sangat mempengaruhi performa sepeda motor sampeyan. Jika dibiarkan semakin parah mesin akan mudah mati di tengah jalan. Kendati mesin tersebut masih bisa dinyalakan kembali pastinya hanya membuang waktu sampeyan dan bikin emosi jiwa dong.

Pada proses pembakaran di dalam ruang silinder mesin, terdapat tiga hal yang harus terpenuhi. Pertama adalah suplai bahan bakar yang lancar, kedua adalah suplai oksigen sesuai dengan yang dibutuhkan mesin dan yang ketiga adalah pengapian yang stabil. Jika ada salah satu diantara ketiga syarat tadi tidak dipenuhi maka saat mesin motor di gas bisa terjadi brebet.

Baca Juga: Bahaya Sering Bongkar Karburator Motor

Mesin brebet bisa terjadi di putaran bawah mesin atau rpm rendah atau di putaran atas mesin atau disebut juga rpm tinggi.

Penyebab Motor Brebet

Nah berikut ini beberapa penyebab motor brebet dan cara yang benar untuk mengatasinya simak ulasannya di bawah ini:

bahan bakar tidak sesuai

Seperti disebutkan di atas, ada tiga kondisi pembakaran di dalam ruang mesin, salah satunya bahan bakar. Kualitas bahan bakar cukup menentukan performa motor kesayangan kita. Petunjuk jenis bahan bakar yang disarankan untuk motor kita biasanya ada di buku manual. Contoh, misal disarankan menggunakan bahan bakar pertamax, namun sampeyan isi dengan premium, tidak heran jika motor akan brebet.

Timing puncak pengapian premium dan pertamax berbeda. Sehingga jika disetting pertamax, namun diisi premium maka pembakaran akan terjadi lebih cepat. Akibatnya, akan terjadi knocking pada mesin, imbasnya akan mengakibatkan brebet.

Solusinya, ikuti petunjuk penggunaan bahan bakar yang disarankan oleh pabrikan.

filter udara atau saringan udara kotor/rusak

Fungsi saringan atau filter udara adalah untuk menyaring agar udara yang masuk ke dalam ruang bakar tidak bercampur dengan partikel partikel kotoran dan debu agar campuran udara dan BBM lebih sempurna. Apabila kondisi filter udara kotor maka akan berakibat pada tarikan gas motor jadi berat dan tidak stabil.

motor brebet

Jika dibiarkan begitu saja, tidak hanya akan brebet namun mesin bisa mati tiba-tiba. Filter udara yang kotor biasanya disebabkan lingkungan yang berdebu dan usia pemakaian yang lama.

Solusinya, pastikan sampeyan sering cek filter udara. Setidaknya setiap kali servis lakukan pengecekan komponen satu ini. Bisa sebulan sekali atau tiap 2.000 km jarak pemakaian. Jika filter udara jenis basah, maka lakukan penggantian. Jika berjenis kering, maka bersihkan saja lalu gunakan kembali.

pengapian atau busi tidak prima

Sumber api dari pembakaran di ruang mesin berasal dari busi. Kondisi busi yang prima selaras dengan performa motor yang tangguh. Demikian sebaliknya, busi yang sudah kotor atau memiliki jarak renggang yang melebihi 1 mm, maka motor bisa brebet.

motor brebet

Ukuran kerenggangan mempengaruhi suhu pengapian busi, yang secara langsung akan berpengaruh terhadap pembakaran bahan bakar dan udara di dalam mesin. Memperbesar kerenggangan busi akan menghasilkan percikan api yang lebih besar, yang dapat bermanfaat bagi beberapa mesin yang dimodifikasi guna memaksimalkan efisiensinya.

Solusinya, cek kondisi busi tiap 4.000 km. Lalu, ukur celah busi antara ground dan center elektroda. Bila celah tersebut lebih besar dari 1mm, lakukan penggantian busi.

setelan klep tidak sesuai

Penyebab gas tidak stabil dapat juga diakibatkan oleh setelan klep yang tidak sesuai. Tekanan kompresi di dalam ruang bakar sangat dipengaruhi oleh penyetelan klep atau valve. Setelan klep yang terlalu rapat atau terlalu longgar akan mempengaruhi jumlah gas yang masuk ke ruang pembakaran. Sehingga pencampuran bahan bakar, oksigen dan pengapian menjadi tidak sempurna. Salah satu efeknya adalah motor jadi brebet.

motor brebet

Solusinya, untuk faktor satu ini rasanya paling pas kalau motor dibawa ke bengkel resmi atau bengkel langganan sampeyan. Biarkan mekanik atau montir yang melakukan pengecekan.

putaran stasioner mesin di bawah standar

Istilah keseharian kelangsaman mesin terlalu rendah. Terlihat sepele namun jika dibiarkan efeknya akan membuat motor brebet. Tarikan gas motor tidak stabil. Setelan putaran stasioner kurang dari standar menjadi penyebab utama dari tarikan gas tidak stabil.

Solusinya, bawa ke bengkel resmi atau bengkel langganan sampeyan sebab diperlukan alat khusus untuk melakukan penyetelan putaran stasioner mesin.

kerusakan sensor injeksi

Injektor berfungsi menyemprotkan bahan bakar ke ruang pembakaran. Bahan bakar yang berupa cairan akan diubah menjadi kabut. Jika injektor kotor, gara-gara menkonsumsi bahan bakar yang kurang bagus maka akan mempengaruhi kualitas semprotan. Efeknya, tarikan motor akan terganggu dan tidak stabil alias brebet.

Solusinya, bersihkan injektor dengan cairan khusus pembersih injektor. Jika lubang injektor kotor bisa dibersihkan pakai sikat khusus. Untuk mencegah terjadinya kerusakan injektor, sebaiknya gunakan bahan bakar beroktan tinggi.

air masuk ke dalam tangki bahan bakar

Air bukan bahan bakar, juga tidak bisa bercampur dengan bensin. Saat ada molekul air masuk ke sistem bahan bakar, maka air tersebut juga berpotensi masuk ke ruang bakar. Sehingga, ketika bahan bakar yang masuk ke ruang bakar lebih sedikit. Akibatnya saat busi menyala, pembakaran tidak berlangsung secara sempurna. Inilah yang menimbulkan mesin brebet.

motor brebet

Solusinya, kuras tangki sehingga diharapkan tidak akan ada lagi air tercampur dengan bahan bakar.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.