Race Direction: “Beberapa Tim Curang Pemakaian Ban”

ktm indonesia

Kabar mengejutkan datang di sela-sela MotoGP Valencia. Pemasok tunggal ban untuk seluruh tim MotoGP, Michelin, melaporkan kecurangan beberapa tim ke race direction

Michelin telah memberi tahu Race Direction mengenai beberapa tim yang melebihi jumlah maksimum lap yang diizinkan per-ban. Ya, kecurangan mereka adalah menggunakan ban melebihi batas maksimal lap yang diizinkan. Tapi, tidak disebutkan tim mana yang melakukan hal tersebut.

Dalam pernyataan resminya yang dimuat di motogp.com (17/11/2018), Race Direction menyebutkan:

“Ini telah menjadi perhatian kami oleh Michelin bahwa beberapa tim / pengendara tidak menghormati parameter ban seperti yang ditentukan pada dokumen ban resmi yang disediakan sebelum setiap peristiwa, yang mencakup jumlah maksimum lap yang diperbolehkan per-ban”.

“Michelin telah memberi tahu kami bahwa ini adalah masalah keamanan potensial, sehingga tim diperingatkan untuk tidak melebihi jumlah lap yang diizinkan per ban, atau parameter tertentu lainnya”.

“Sesuai peraturan FIM 2.4.4.9.1. Ban harus digunakan sesuai dengan parameter yang disarankan yang disetujui dalam konsultasi dengan pemasok ban resmi, Direktur Teknis dan Penyelenggara. Parameter dapat mencakup tekanan, suhu, atau pedoman penggunaan lainnya”.

“Oleh karena itu, kami telah meminta Michelin untuk memberi tahu kami mulai sekarang dari setiap tim atau pembalap yang tidak memenuhi persyaratan ini, yang akan dilaporkan kepada Pejabat FIM untuk tindakan disipliner”.

Wah, apa ya alasan tim ‘memaksakan’ penggunaan ban melebihi batas maksimal yang disyaratkan. Apakah mereka ingin mendapatkan data hingga batas mana kekuatan ban berpengaruh bagi motor atau lainnya? Entahlah cak, yang jelas makin ke sini balapan MotoGP makin krusial faktor ban ini.

Tidak jarang seorang pembalap menang karena pemilihan ban yang tepat, namun sering juga mereka kedodoran di akhir-akhir lap dengan ban jenis tertentu.

 

kecurangan ban

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.