Daftar Lengkap Juara MotoGP 2018!

ktm indonesia

Sirkus balap motor paling populer di dunia, MotoGP, sudah usai. Sirkuit RIcardo Tormo, Valencia menjadi seri pamungkas dari rangkaian 19 seri MotoGP 2018. Dengan berakhirnya seluruh rangkaian balap MotoGP sepanjang musim, waktunya kita tengok siapa saja yang telah menasbihkan diri sebagai yang terbaik. Jadi, inilah MotoGP 2018 of Champions.

World Champions

Semua tentu sudah paham bagaimana Marc Marquez mendominasi musim ini. Pembalap Repsol Honda itu bahkan sudah mengunci titel kelimanya di kelas tertinggi ini di Sirkuit Motegi, Jepang Oktober lalu.

Juara MotoGP 2018

 

Catatan Marquez memang impresif dalam perjalanannya merengkuh titel tahun ini. Data statistik dari motogp.com (19/11/2018) menyebutkan Marquez memenangi 9 seri, 4 kali runner up dan sekali podium tiga. Sisanya, 2 kali DNF karena terajatuh dan 2 kali finish di luar top 15 akibat terjatuh.

Di klasemen akhir, Marquez mengoleksi 321 poin atau unggul 76 poin dari Andrea Dovizioso yang menempati posisi runner up. Valentino Rossi di posisi ketiga dengan 198 poin.

Top Independent

Untuk kategori pembalap independent terbaik musim ini jatuh kepada Johann Zarco. Pembalap Yamaha Tech 3 yang musim depan hijrah ke KTM itu baru bisa menentukan ‘gelar’ tersebut di seri terakhir. Lawan terdekatnya ada dua yakni Cal Crutchlow dan Danilo Petrucci.

Juara MotoGP 2018

Sebelum seri Valencia, Zarco sudah kehilangan Crutchlow yang dipastikan absen cedera. Pertarungan sesungguhnya terjadi di Ricardo Tormo. Ia yang start dari posisi 11 harus mengalahkan Petrucci yang start di posisi 4. Sempat keteteran, namun ‘keberuntungan’ Zarco datang di lap 7. Petrucci tersungkur dan gagal melanjutkan lomba.

Akhirnya, pembalap Prancis yang sejatinya sudah unggul 1 poin dari Crutchlow dan 5 angka dari Petrucci tinggal formalitas menyelesaikan balapan untuk menjadi pembalap independen terbaik. Di balapan kedua selepas restart Zarco akhirnya finish ke-7. Poin akhirnya menjadi 158.

Rookie of the Year

Pertarungan seru terjadi di kategori ini. Pelakunya adalah Franco Morbidelli dan Hafizh Syahrin. Di awal musim, Morbidelli memang lebih diunggulkan, namun siapa yang menduga jika lawan terberatnya justru Syahrin, pembalap Malaysia yang baru memastikan satu kursi di MotoGP pada akhir pra musim.

Juara MotoGP 2018

Hingga paruh musim, Morbidelli tertinggal dari Syahrin. Morbi 22 poin, Syahrin 24 poin. Namun, 3 balapan pertama paruh kedua yang gagal dimanfaatkan Syahrin akhirnya membawa Morbidelli balik unggul. Ketika Morbidelli menambah 9 angka, Syahrin justru selalu gagal finish di top 15.

Dan akhirnya, memasuki seri pamungkas, Morbidelli punya keunggulan 10 angka. Artinya, Syahrin butuh minimal finish ke-6 dan Morbidelli gagal meraih poin. Skenario kedua terjadi, Morbidelli gagal finish akibat terjatuh. Namun, Syahrin hanya finish ke-10. Tambahan 6 poin tidak mampu membawa Syahrin menyalip poin Morbidelli. Morbidelli keluar sebagai rookie of the year tahun ini.

Top Constructor

Honda kembali mempertahankan gelar ini. Titel juara konstruktor sudah digenggam Honda setelah kemenangan Marquez di Sepang, Malaysia. Dengan 364 poin waktu itu, Honda sudah tidak mungkin dikejar pesaing terdekatnya, Ducati yang baru mengumpulkan 310.

Juara MotoGP 2018

Di kalsemen akhir, Honda mengumpulkan 375 poin, Ducati 335, Yamaha 281, Suzuki 233, KTM 72 dan Aprilia 59. Ini adalah gelar ke-24 Honda untuk kategori konstruktor sejak 1966!

Top Team

Honda menyempurnakan raihan titel di MotoGP dengan merebut juara tim melalui Repsol Honda. Kepastian itu baru diperoleh di Valencia. Meski Marc Marquez gagal finis, tetapi Repsol Honda mendapat tambahan 11 poin dari Dani Pedrosa yang finis di peringkat ke-5.

Juara MotoGP 2018

Hal tersebut membuat Repsol Honda berada di puncak klasemen dengan torehan 438 poin hasil kombinasi dari kedua pembalapnya. Ducati Team sukses menjadi runner up menggeser Movistar Yamaha hanya dengan keunggulan 1 poin. Ducati Team 392, Movistar Yamaha 391.

Preview MotoGP 2019

Jadi, musim telah berakhir. Tapi, musim depan nampaknya akan lebih seru. Kita akan tunggu apa yang bisa dilakukan Honda dengan duet mautnya, Marquez-Lorenzo. Kita juga penasaran akan seperti apa Yamaha setelah hancur lebur dua musim terakhir. Ducati juga tidak kalah bikin penasaran dengan duet barunya, Dovizioso-Petrucci.

juara motogp 2018

Dan, tentu saja apa yang bisa dilakukan para rookie MotoGP 2019. Ada juara dunia Moto2 tahun ini, Francesco Bagnaia yang akan membela Pramac Ducati. Juga ada Joan Mir di kubu Suzuki Ecstar yang digadang-gadang sebagai pembalap masa depan Spanyol paling bersinar saat ini. Di kubu tim anyar, Petronas Yamaha ada nama Fabio Quartararo dan satu lagi pembalap KTM runner up Moto2 tahun ini, Miguel Oliveira yang akan bahu membahu bersama Hafizh Syahrin di Red Bull KTM Tech 3.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.